Jurnal 210905 bacaan 1, Yes 35:4-7a, ayat pilihan: Yes 35:4

Katakanlah kepada orang-orang yang tawar hati: “Kuatkanlah hati, jangan lah takut! Lihatlah, Allahmu akan datang dengan pembalasan dan dengan ganjaran Allah. Ia sendiri datang menyelamatkan kamu!”

Refleksi:

Tuhan, pagi ini Engkau memberikan kekuatan bagi ku, bahwa aku tidak perlu takut akan apa pun juga karena ada Engkau yang akan selalu menyertai ku, dan akan datang menyelamatkan ku pada saat aku menghadapi permasalahan. Engkau hanya minta agar aku tekun beriman pada Mu.

Doa:

Terima kasih Tuhan Yesus yang selama ini menyertai ku, sehingga aku boleh bebas dari roh ketakutan, mohon Engkau ampuni kelemahan dan dosa ku dan jangan meninggalkan ku, amin.

———————————————-

Jurnal 210905, Mzm 146:7,8-9a,9bc-10, ayat pilihan: Mzm 146:8-9

8. TUHAN membuka mata orang-orang buta, TUHAN menegakkan orang yang tertunduk, TUHAN mengasihi orang-orang benar. 9. TUHAN menjaga orang-orang asing, anak yatim dan janda ditegakkan-Nya kembali, tetapi jalan orang fasik dibengkokkan-Nya.

REFLEKSI:

Tuhan Yesus, Engkau mengingatkan ku, bahwa Engkau selalu fokus pada orang yang lemah, tidak berdaya, kesepian, dan membutuhkan pertolongan seperti orang buta,  Aku pun orang lemah, sering merasa terasing, dan tidak dapat menghasilkan apa-apa tanpa pertolongan dari Mu.

Doa:

Ya Tuhan Yesus, mohon agar Engkau melindungi ku dari pengaruh luar yang dapat melemahkan iman ku, karena aku tidak akan menjadi lemah tanpa pertolongan dari Mu, amin.

————————————————————————————-

JURNAL 210905 bacaan 2: Yak 2:1-5, ayat pilihan: Yak 2:5

Dengarkanlah, hai saudara-saudara yang kukasihi! Bukankah Allah memilih orang-orang yang dianggap miskin oleh dunia ini untuk menjadi kaya dalam iman dan menjadi ahli waris Kerajaan yang telah dijanjikan-Nya kepada barang siapa yang mengasihi Dia?

Refleksi:

Tuhan Yesus, Engkau memilih orang dari kalangan miskin tapi kaya dalam iman untuk melayani Mu, mengasihi Mu dan Patuh pada perintah Mu, dan sudah melewati cobaan atas iman mereka dan akan mewarisi kerajaan Mu.

Engkau juga menegaskan bahwa bukan berarti orang miskin pasti masuk surga dan orang kaya masuk neraka, tapi Engkau mengingatkan, bahwa orang kaya sering merasa tidak butuh, dan merasa bangga atas kekayaan, yang malah sering menjadi batu sandungan bagi kesempatan memperoleh keselamatan. Engkau ingin aku bersikap seperti orang miskin, lebih menyadari bahwa aku orang tidak berdaya, dan membutuhkan keselamatan dari Mu dan turut mewarisi kerajaan Mu.

Doa:

Ya Tuhan Yesus, mohon dampingi aku dalam hidup ku, agar aku selalu dalam perlindungan mu, karena aku tidak berdaya, dan selalu membutuhkan bimbingan Mu, amin.

—————————————————-

JURNAL 210905: Injil – Mrk 7:31-37, ayat pilihan: Mrk 7:37

Mereka takjub dan tercengang dan berkata: β€œIa menjadikan segala-galanya baik, yang tuli dijadikan-Nya mendengar, yang bisu dijadikan-Nya berkata-kata.”

REFLEKSI:

Tuhan Yesus, Engkau melarang orang bisu tuli yang Engkau sembuhkan bicara pada orang lain, karena Engkau tidak mau dilihat hanya sebagai seorang penyembuh seperti dokter, Engkau ingin orang mendengarkan sabda Mu dan memahaminya. Engkau juga minta agar aku  jangan terlalu fokus pada apa yang Engkau sudah lakukan pada kehidupan ku, tapi agar aku tidak melupakan apa yang disampaikan Mu pada ku melalui Firman Mu dan mengamalkan nya.

————————————————

Benang merah:

Minggu ini Tuhan Yesus berpesan pada kita, bahwa kita tidak perlu takut akan apa pun juga karena ada Dia yang akan selalu menyertai kita, dan akan datang menyelamatkan kita pada saat kita menghadapi permasalahan. Dia hanya minta agar kita tekun beriman pada Nya.

Dia mengingatkan kita, bahwa Dia selalu menolong orang yang lemah, tidak berdaya, kesepian, dan membutuhkan pertolongan seperti orang buta,  kita pun orang lemah, kadang merasa terasing, dan tidak dapat menghasilkan apa-apa tanpa pertolongan dari Nya.

Dia memilih orang dari kalangan miskin tapi kaya dalam iman untuk melayani Nya, mengasihi Nya dan Patuh pada perintah Nya, Dia minta agar kita jangan merasa tidak butuh pertolongan Dia, dan merasa bangga atas kekayaan kita, yang malah sering menjadi batu sandungan bagi kesempatan kita untuk memperoleh keselamatan. Dia ingin kita bersikap seperti orang miskin, lebih menyadari bahwa kita orang tidak berdaya, dan membutuhkan keselamatan dari Nya, agar dapat turut mewarisi kerajaan Nya.

Engkau ingin agar kita mendengarkan sabda Nya dan memahaminya, tidak melupakan apa yang disampaikan Nya pada kita melalui Firman Nya di Alkitab dan mengamalkan nya.