kutipan dari buku: The imitation of Christ by Thomas a Kempis p.12, alih bahasa: Oleh: Nanny Muniaty Nusalim, EJ 11 Mikael, Paroki MKK

Alihkan perhatian Anda pada diri Anda sendiri dan berhati-hatilah dalam menilai perbuatan orang lain, karena  menghakimi orang lain adalah perbuatan sia-sia, sering terjadi kesalahan, dan mudah jatuh dalam dosa, sedangkan dalam menilai diri sendiri, kita melakukan sesuatu yang selalu menguntungkan.

Kita sering menilai segala sesuatu seperti yang kita inginkan, sementara melalui perasaan pribadi, perspektif yang benar dengan mudah hilang. Jika Tuhan adalah satu-satunya objek dari keinginan kita, kita seharusnya tidak mudah terganggu oleh perbedaan pendapat. Tetapi seringkali sesuatu menggoda kita dari dalam diri kita atau terjadi dari luar.

Banyak orang, secara tidak sadar, mencari diri mereka sendiri dalam hal-hal yang mereka lakukan. Mereka bahkan tampaknya menikmati ketenangan pikiran ketika sesuatu terjadi sesuai dengan keinginan mereka, tetapi jika terjadi selain dari yang mereka inginkan, mereka segera terganggu dan sedih.

Perbedaan perasaan dan pendapat seringkali memecah belah persahabatan dan kenalan, bahkan berlaku juga bagi mereka yang beragama dan taat beragama. Kebiasaan lama sulit dihilangkan, dan tidak ada yang mau menimbang dan melihat  lebih jauh daripada yang dia ingin lihat.

Jika Anda lebih mengandalkan kecerdasan  dan kemampuan Anda daripada pada tunduk kepada Yesus Kristus, Anda sulit, atau sangat lambat, untuk menjadi orang yang tercerahkan. Tuhan ingin kita tunduk sepenuhnya kepada-Nya dan melalui kasih yang kuat, untuk melampaui semua kebijaksanaan manusia.

Naskah Asli:

Avoiding rash judgement

Turn your attention upon yourself and beware of judging the deeds of other men, for in judging others a man labor vainly, often make mistakes, and easily sins, whereas, in judging and taking stock of himself, he does something that is always profitable.

We frequently judge that things are as we wish them to be, for through personal feelings true perspective is easily lost.

If God were the sole object of our desire, we should not be disturbed so easily by opposition to our opinions. But often something lurks within or happens from without to draw us along with it.

Many, unawares, seek themselves in the things they do. They seem even to enjoy peace of mind when things happen according to their wish and liking, but if otherwise than they desire, they are soon disturbed and saddened. Differences of feeling and opinion often divide friends and acquitances, even those who are religious and devout.

An old habit is hard to break, and no one is willing to be led father than he can see. If you rely more upon your intelligence or industry than upon the virtue of submission to Jesus Christ, you will hardly, and in any case slowly, become an enlightened man. God wants us to be completely subject to Him and through ardent love, to rise above all human wisdom