Jurnal Peserta:

  1. Budi Kartadinata

Jurnal 210804 , Mat.15:21-28Ayat yg dipilih: ayar 15:28

Bersabdalah Yesus kepadanya,” Hai ibu, sungguh besar imanmu! Terjadilah bagimu seperti yang kau kehendaki. Dan seketika itu juga anaknya sembuh.

Refleksiku:

Ya, Tuhan, aku sering kali kurang percaya bahwa Engkau pasti membantu. Aku sering kali cepat berputus asa bila menghadapi kesulitan.

Doaku:

Ya Tuhan, tuntunlah dan bimbinglah aku, agar selain mengandalkan kemampuan ku, agar aku selalu dapat berserah kepadaMu. Kuatkanlah aku, agar selalu tekun dalam berdoa. Amin.

2. Wati:

Jurnal: Jumat, Matius 14: 22-33 ayat pilihan mat 14:27- 31

27. Tetapi segera Yesus berkata kepada mereka: “Tenang lah! Aku ini, jangan takut!28. Lalu Petrus berseru dan menjawab Dia: “Tuhan, apabila Engkau itu, suruh lah aku datang kepada-Mu berjalan di atas air.“29 Kata Yesus:  “Datanglah!” Maka Petrus turun dari perahu dan berjalan di atas air mendapatkan Yesus.30 Tetapi ketika dirasanya tiupan angin, takutlah ia dan mulai tenggelam lalu berteriak: “Tuhan, tolonglah aku!“ 31. Segera Yesus mengulurkan tangan-Nya, memegang dia dan berkata: “Hai orang yang kurang percaya, n  mengapa engkau bimbang?”

Refleksiku:

Tuhan Yesus, dalam kehidupanku banyak badai pencobaan dan tantangan. Sering kali aku berputus asa sehingga merasa hidup sangat berat. Aku selalu berusaha mengatasinya tapi selalu gagal. Sehingga aku takut untuk bangkit lagi. Ampunilah aku Tuhan yang selalu diliputi ketakutan dan kurang percaya kepadamu.

Doaku: Tuhan Yesus yang Maha Rahim, serta diterangi Roh Kudus. Aku tidak takut lagi, imanku semakin bertumbuh. Terima kasih Tuhan Yesus

3. Ignatius Nata

Jurnal tgl 2 Agt 21, Mat 14:13-21, Ayat pilihanku 14-16

 Ketika YESUS mendarat, Ia melihat orang banyak yang besar jumlahnya, maka tergeraklah hati-NYA oleh belas kasihan kepada mereka dan Ia menyembuhkan mereka yang sakit. 15 Menjelang malam, murid-murid NYA datang kepada NYA dan berkata: “Tempat ini sunyi dan hari sudah mulai malam. Suruh lah orang banyak itu pergi supaya mereka dapat membeli makanan di desa-desa.”  16 Tetapi YESUS berkata kepada mereka: “Tidak perlu mereka pergi, kamu harus memberi makan mereka makan.“

Refleksiku:                            

Ya TUHAN YESUS, Engkau ingin aku membuka hati untuk dapat berbagi kepada sesama yang kurang menguntungkan. 
aku tidak dapat melakukan ini semua tanpa ada campur tangan MU. ENGKAU memberikan contoh pada ku, walau sudah begitu melelahkan tetapi ENGKAU masih mengulurkan tangan MU untuk membantu yang sakit. Engkau minta agar aku tidak men sia siakan Pengorbanan MU yang begitu besar benar-benar dan aku berjanji untuk mau melayani sesama seperti yang ENGKAU lakukan pada waktu itu.
Aku ingin merasakan apa yang ENGKAU rasa dan ingin agar Engkau jauhkan aku dari ketidakpedulian ku kepada sesama

Doaku:                          

Ya TUHAN mampukan aku untuk dapat berbagi lagi seperti yang pernah ENGKAU lakukan pada waktu pandemi ini mulai meramba. Dan tanpa ku sadari ENGKAU berada disisi ku untuk dapat melakukan itu semua yang tidak terpikir oleh akal sehat ku.
Terima kasih ya TUHAN atas pencerahan dari bacaan ini hari yang membuat aku sadar akan pentingnya berbagi. Amin  

4. Dewi

Jurnal Senin, 2 August 2021 BI 11-4B-15.Ayat pilihan: Bil 11-13, Mat 14:17

Bil 11:11-13. Darimanakah aku mengambil daging untuk diberikan kepada seluruh bangsa ini? Sebab mereka menangis kepada ku dengan berkata: Berilah kami daging untuk di makan.

Matius 14:17. Jawab mereka: Yang ada pada kami disini hanya lima roti dan dua ikan”.

Refleksiku:

Bapa, aku bersyukur kepada Mu atas segala yang telah Engkau berikan kepada ku. Dalam keadaan terpuruk ,Engkau telah menguatkan ku betapa penting nya kehadiran MU, Engkau menguatkan ku terutama pada saat dimana aku merasa kecewa akan keadaan ku selama 2 tahun ini patah tulang berturut turut. Dengan bantuan Mu aku bisa bersyukur.

5. Budi Rahardjo

Jurnal tgl 4 Agustus 2021, Mat 15:21-28 Ayat pilihan: Mat 15:28

28. Bersabdalah Yesus kepadanya : ‘Hai ibu, sungguh besar imanmu, terjadilah bagimu seperti yang kau kehendaki, ” Dan seketika itu juga anaknya sembuh.

Refleksiku:

Yesus Engkau senantiasa menguji imanku akan Dikau, dengan masalah dalam hidupku ini, kadang imanku menjadi lemah oleh sebab perkataan / perbuatan orang yang ada di sekeliling ku. Engkau mengharapkan aku agar selalu mempunyai iman yang kuat, dan aku juga berkeyakinan bahwa ini semua ujian dari Dikau, sehingga aku tidak akan sampai larut dalam kesesakan hidup ku ini.

Doaku:

Ya Yesus kuatkanlah imanku selalu akan Dikau sebagai Juru Selamat ku dan penopang hidup ku dalam kesesakan, Amin

6. Lilyati Tarunadjaja

Jurnal Rabu, 04-08-2021Bacaan Mat 15: 21-28, Ayat pilihan : 27

 Kata wanita itu lagi, “ Benar Tuhan, tetapi anjing-anjing pun makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya“

Refleksiku:

 Tuhan Yesus, saat pertama membaca ayat ini aku sedikit bingung dengan makna nya. Namun setelah ku renungkan kini aku mengerti, Engkau Maha mengetahui isi hatiku, aku sering bertanya-tanya apakah mujizat itu ada ketika orang sakit. Aku takut waktu adik ku positif covid & kakak ku juga sakit, aku ga bisa tidur, aku merasa beban terlalu berat, karena masalah datang silih berganti, aku takut kalau terjadi apa-apa tetapi Engkau Maha baik, mau mendengar doa-doaku & memberikan kesembuhan untuk keluarga ku, seharusnya aku mengucap syukur, lebih tekun & teguh dalam iman.

Doaku:

Tuhan Yesus, terima kasih atas kasihMu, aku percaya Engkau mencintaiku, aku sungguh bersyukur karena aku berharga dimata Mu. Bimbing aku dengan Roh KudusMu, tambahkan imanku & mampukan aku untuk selalu setia dan percaya kepada Mu.. Amin

7. Billy Raharja Lie

Jurnal: Senin tgl 2-8-2021, Matius 14:13-21,Ayat pilihan: 19,

Lalu disuruh-Nya orang banyak itu duduk di rumput. Setelah itu Ia mengambil kelima buah roti dan kedua ekor ikan. Sambil menengadah ke langit diucapkan-Nya doa berkat, dibagi-bagi-Nya roti itu dan diberikan-Nya kepada para murid. Para murid lalu membagi-bagikannya kepada orang banyak.

Refleksiku:

Ya Yesus di dalam Firman-Mu ini aku diingatkan, walau sekecil apapun perbuatan baik dan pertolongan yang keluar dari rasa belas kasihan akan memberikan dampak yang amat besar bagi sesama. Tuhan Yesus berikanlah kepadaku untuk selalu mempunyai rasa berempati kepada sesama.

Doaku:

Tuhan Yesus Engkau yang maha pengasih & penyayang, bangkitkanlah sikap hatiku agar selalu mempunyai rasa belas kasihan ketika melihat orang disekitarku yang membutuhkan pertolongan seperti hati-Mu tergerak oleh belas kasihan saat orang banyak membutuhkan pertolongan, sebab Engkaulah teladan hidupku, Amin

8. Petrus de al Pardi Sudradjat

Jurnal 3 Agustus 2021, Mat 14:22-36, ayat pilihan: Mat 14:27

Tetapi segera Yesus berkata kepada mereka: “Tenang lah! l  Aku ini, jangan takut!”

Refleksi:

Tuhan Yesus, aku sering merasa takut pada berbagai keadaan, Engkau minta agar Ketika aku mengalami rasa takut, aku tidak mencoba mengatasi sendiri, tapi minta agar Engkau melepaskan ku dari roh ketakutan yang keluar dari pikiran ku sendiri. Juga kalau aku menghadapi ketidakpastian, Engkau pastikan bahwa aku akan lebih tenang apabila aku mengingat bahwa Engkau selalu beserta ku.

Doa: Ya Tuhan Yesus, terima kasih selama ini Engkau sudah membebaskan aku dari Roh ketakutan, semoga Roh Kudus melindungiku terus agar apa yang aku lakukan berkenan bagi Mu, amin.

PESAN SABDA TUHAN (PST):

2. Wati – Main Points

  • Budi K : Engkau menawarkan kepadaku akan kehidupan kekal. Syaratnya datang dan percaya kepadaku.
  • Wati : kehidupan banyak badai pencobaan dan tantangan.
  • Ingnatius : Firmanmu membuat mereka berfikir untuk bertahan pada kehidupan yang kekal.
  • Dewi : Engkau telah menguatkanku disaat aku kecewa, dengan bantuanmu aku bisa bersyukur.
  • Budi Raharjo : Engkau mengharapkan aku agar mempunyai iman yang kuat.
  • Lilyati : Bimbinglah aku dengan roh Kudus tambahkan imanku dan mampukan aku untuk percaya dan setia kepadamu.
  • Billy : Tuhan Yesus bangkitkanlah sikap hatiku agar selalu mempunyai belas kasih.
  • Pardi : Engkau melakukan mujizat untuk orang yang percaya kepadamu

PST:

Tuhan Yesus menawarkan kepada kita akan kehidupan kekal. Syaratnya kita datang dan percaya kepada Nya . Dia akan membantu kita untuk bertahan dalam hidup yang kekal, asalkan kita mempunyai iman yang kuat. Dia melakukan Mujizat untuk kita, orang yang Percaya. Meskipun kehidupan kita penuh badai pencobaan dan tantangan. Dia juga akan membantu kita membangkitkan sikap hati kita agar mempunyai belas kasih. Kita seharusnya mohon agar Dia membimbing kita  dengan Roh Kudus Nya , dan menambahkan iman. Serta memampukan kita untuk setia dan beriman kepada Nya

3. Ignatius Nata

  • Ignatius Nata: Banyak sekali yang aku dapatkan dari Firman MU yang aku harus mengikutimu
  • Budi: Dan syaratnya, ternyata mudah sekali, yaitu hanya mau dating dan percaya kepada MU
  • Pardi: “Tenang lah ! Aku ini, jangan takut
  • Wati: Tuhan Yesus dalam hidupku banyak badai pencobaan dan tantangan.
  • Budi karta: Aku sering kali cepat berputus asa bila menghadapi kesulitan.
  • Dewi: Dengan bantuan Mu aku bisa bersyukur

PST: TUHAN YESUS mengajarkan kita untuk tidak mudah menyerah, tetapi kita sering kali cepat berputus asa bila menghadapi kesulitan. Karena itu DIA menginginkan kita untuk sering membaca Firman NYA dan berusaha untuk mendekatkan diri dengan NYA. Biarpun dalam kehidupan kita kadang2 diterpa oleh badai dan tantangan, Pasti kita akan tenang dan tidak merasa takut karena dengan bantuan Dia kita bisa bersyukur ada Dia yang membantu kita. Sejujurnya banyak yang bisa kita dapatkan dari Firman NYA dan kita harus mengikuti ajaran nya dengan iman, dan syaratnya mudah juga yaitu kita hanya mau datang dan percaya kepada NYA.

4. Dewi

  • Ignas  :Makanan jasmani tidak cukup menghidupi manusia, makanan rohani yang kekal
  • Budi  : Tuhan sumber kehidupan kekal
  • Ignas  : Tuntunlah iman kami supaya tidak ada kebimbangan
  • Budi K  : Minta bimbangan Tuhan agar selalu dekat dengan Tuhan
  • Wati  : Kebimbangan yang mebuat takut
  • Budi  : Iman yang kuat menyembuhkan
  • Budi K  : Minta kekuatan dalam iman supaya dapat menghadapi masalah
  • Pardi  : Pertolongan Roh Kudus membuat kita tidak takut
  • Dewi  : Allah sebagai kekuatan dalam menghadapi masalah

PST: Tuhan Yesus mengingatkan kita, bahwa Dia dapat dilihat sebagai sumber makanan rohani yang kekal yang dapat kita andal kan dalam menghadapi masalah. Kita memerlukan bimbingan Nya Tuhan dan  Roh Kudus agar tidak takut dan bimbang serta menguatkan iman kita semua kami .Dengan iman yang kuat maka kita dapat menyembuhkan luka jasmani dan rohani kita.

5. Budi Rahardjo

Tuhan Yesus ingin kita paham, bahwa Kerendahan hati yang tulus dan ketekunan/kegigihan dalam doa (permohonan), hanya bisa terjadi kalau ada iman yang mendasarinya; Dia memberikan contoh seperti itulah dua keutamaan yang diteladankan oleh ibu Kanaan dihadapan Yesus Dia.

Note: PST diambil dari pokok pikiran jurnal dari peserta, bukan hanya punya kita saja.

6. Lilyati Tanuwidjaja

  • Budi K : cepat berputus asa
  • Wati : banyak badai pencobaan, tantangan
  • Ignatius : mengulurkan tangannya
  • Dewi: menguatkan ku saat kecewa
  • Budi K: masalah dlm hidup, membuat iman jadi lemah
  • Lily: Engkau Maha baik
  • Billy: mempunyai belas kasih
  • Pardi: lebih tenang jika mengingat Allah

PST: Tuhan Yesus mengingatkan pada kita, jangan cepat berputus asa waktu ada badai pencobaan, tantangan dan masalah dalam hidup sehingga membuat iman jadi lemah. Bila kecewa, Dia mengulurkan tangan Nya sehingga membuat kita jadi tenang karena Dia Maha baik dan mempunyai belas kasih

7. Billy Raharja Lie

  • Budi. R : Selalu mempunyai iman yg kuat.
  • Budi. K :Cepat berputus asa bila ada kesulitan.
  • Lily :Iman & percaya akan mujizat.
  • Wati :Sering berputus asa.
  • Dewi :Memberi kekuatan dlm hidupku.
  • Nata :Mau  mendengar & percaya akan mujizat
  • Pardi :Melepaskan ku dari roh ketakutan.

PST: Tuhan Yesus mengingatkan pada kita semua, bahwa didalam kehidupan sering kali kita menghadapi kesulitan, dia ingin agar kita selalu mempunyai iman yang kuat agar jangan cepat berputus asa, supaya kita terlepas dari roh ketakutan, kita harus selalu berdoa dan percaya akan mujizat-Nya.

8. Pardi Sudradjat

  • Budi Karta: Aku sering kali cepat berputus asa bila menghadapi kesulitan.
  • Wati: dalam kehidupanku banyak badai pencobaan dan tantangan.
  • Ignatius Nata: ENGKAU masih mengulurkan tangan MU untuk membantu yang sakit.
  • Dewi: Engkau mengingatkan ku pada saat aku kecewa
  • Budi Rahardjo: dengan masalah dalam hidupku ini, kadang imanku menjadi lemah.
  • Lilyati: Engkau Maha baik, mau mendengar doa-doaku & memberikan kesembuhan
  • Billy: ————–
  • Pardi: aku akan lebih tenang apabila aku mengingat bahwa Engkau selalu beserta ku.

PST: Tuhan Yesus mengingatkan bahwa dalam kehidupan, kita akan menemui  banyak badai pencobaan dan tantangan, Dia ingin agar kita jangan cepat berputus asa bila menghadapi kesulitan, dan iman kita menjadi lemah. Kalau kita merasa kecewa, ingat saja pada Nya, dan Dia akan mengulurkan tangan Nya untuk membantu, dan kita akan menjadi lebih tenang karena Dia ada beserta kita semua. Dia Maha baik, dan mau mendengar doa-doa kita & memberikan kesembuhan bagi kita.