JURNAL

  1. Nanny

Rabu 26 Mei 21, Kor 16 : 14

Lakukanlah segala pekerjaan mu dalam kasih.

Refleksi

Dalam melaksanakan tugasku, selalu saja ada tantangan yg kuhadapi, seperti disepelekan, tidak adanya apresiasi terhadap yg kulakukan, kritik yg menjatuhkan dan cemooh, sikap menghakimi, kekuatiran dan ketakutan akan kegagalan. Tuhan Jesus, hari ini Engkau  mengingatkan aku, supaya ditengah tantangan seperti  itu, aku hendaknya melakukan pekerjaan ku dengan kasih. Sehingga dengan kasih, aku dapat mengatasi segala tantangan itu.

Doa:

Jesus yg baik, ketika aku merasa gagal dan kuatir, berikan aku keberanian dan kasihMu, sehingga aku juga dapat memberikan kasih dan melakukan pekerjaan ku dalam kasih.

2. Roedi

Jum’at , 28 Mei 2021, (Mrk 11:24-26)

Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu. Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahan mu.” Tetapi jika kamu tidak mengampuni, maka Bapamu yang di sorga juga tidak akan mengampuni kesalahan-kesalahan mu.

REFLEKSI:

Yesus, pagi ini banyak pesan yang Kau sampaikan kepadaku. Ada dua pesan yang mengena kepada ku pagi ini yaitu engkau mengajarkan aku cara  atau bersikap dalam doaku kepadaMu. Dengan perumpamaan² dari Mu , dijelaskan bahwa semuanya itu harus dilandasi dengan IMAN, tulus, teguh serta kebersihan hatiku, dengan demikian pasti doaku akan Kau dengarkan. Mengenai kebersihan hati, Engkau menekankan bahwa betapa pentingnya PENGAMPUNAN , dimana aku dituntut untuk membersihkan segala dendam dan persoalan yang ada terhadap sesamaku, sebelum Engkau pun mengampuni semua DOSA dan kesalahanku .

DOA:

Ya Yesus ku terima kasih atas pengajaran dari Mu yang dapat meyakinkan  aku bahwa setiap doaku akan terjawab oleh Mu, asalkan  aku memohon nya dengan penuh  iman, percaya dan tulus bahwa aku akan menerima yang terbaik bagiku. Penuhi aku dengan Roh KudusMu ya Yesus ku  , agar imanku diteguhkan dan dimampukan untuk dapat mengampuni dengan TULUS sesamaku dan membuang jauh² semua PERASAAN DENDAM  yang ada didalam hatiku. Murni kan hati dan pikiranku ya Allahku, Amin.

3. Dwi

Selasa 1 Juni 2021, Markus 12: 17

Lalu kata Yesus pada mereka: berikanlah kepada Kaisar apa yg wajib kamu berikan pada Kaisar dan kepada Allah apa yg wajib kamu berikan kepada Allah. Mereka sangat heran mendengarkan Dia.

Refleksiku:

Tuhan Yesus mengingatkan aku, agar memberikan pada pemerintah apa yg menjadi hak pemerintah dan memberikan kepada Allah apa yg wajib diberikan kepada Allah.

Doaku:

Tuhan sungguh jelas kata2 Mu. Selama aku masih di dunia ini kewajiban ku pada pemerintah, keluarga dan sesamaku perlu aku perhatikan. Namun Engkau sumber segalanya terlebih lagi patut aku perhatikan, dan Engkau ada pada sesamaku.

4. Henry

Selasa, 1Juni 21, Mrk 12 : 17

Lalu kata Yesus kepada mereka:  ” Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan, kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah.!”. Mereka sangat heran mendengar Dia.

Refleksiku:

Tuhan Yesus, Firman Mu hari ini mencerahkan aku, Yang dialami oleh orang Parisi dan Herodian, sebenarnya sama seperti Yang aku alami dalam kehidupan ku, aku sudah tau apa yang menjadi hak dan kewajiban seorang murid, atau sebagai orang Katolik, tetapi aku sering lupa, atau kadang 2 pura2 lupa dan tdk tau.

Sebagai pengikut Mu, seharusnya aku harus mengasihi dan mengampuni sesama manusia, mencintai Engkau, dan mencintai manusia seperti diriku sendiri. Aku tau, tapi kadangkala aku berkata: ” Ngapain aku harus mengampuni? Ngapain aku harus mengasihi?”. Pertanyaan2 inilah aku tidak tau, aku terjerat dalam pikiranku, karena aku berpikir, pokok nya hidupku baik. Maka Engkau berkata: ” Berikanlah kepada Kaisar apa yang menjadi hak Kaisar, dan kepada Engkau. Apa yang menjadi hak mu “.

Pesan Mu sangat jelas dan tegas aku tidak boleh mencampuradukkan antara agama dan politik, atau dengan kata lain, jangan aku menggunakan agama untuk kepentingan politik itu sendiri.

Doaku:

Tuhan Yesus, aku bersyukur telah Engkau ingatkan kembali hukum Kasih yang utama, yang terkadang terlupakan, kuatkan Imanku supaya selalu ingat akan ajaran Mu supaya dapat aku terapkan didalam hidupku Amin.

5. Yanto

Minggu,30 Mei 2021, Roma 8:14-15 )

14. Semua orang yg dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah, 15. Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yg membuat kamu jadi takut lagi, Tetapi kamu telah menerima Roh yg menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh kita berseru: ” ya Abba, ya Bapa!”

Refleksiku:

Tuhan Yesus melalui sabdaMu, Engkau sudah mengaruniakan aku Roh kudus, maka hidupku tidak diperbudak lagi oleh roh perbudakan seperti; Hidup dalam keinginan daging dan senang menumpuk kekayaan yg tidak halal serta terbelenggu oleh adat istiadat dan segala jenis tahyul.

Aku sudah bebas dimerdekakan oleh Kuasa Roh KudusMu yg menjadi pusat kehidupan dalam keluarga ku. Aku tidak takut lagi sebagai anak Mu, karena Roh KudusMu memimpin aku sebagai penerang dan Penunjuk jalan kebenaran dalam hidupku.

Doa:

Bapa di dalam Sorga, hidupku hanya mengandalkan Engkau melalui kuasa Roh Kudus Mu,

agar Engkau memberikan jalan dalam terang dan kebenaran, agar hidupku ada damai, sejahtera dan sukacita. Amin

6. Mutiara

Rabu,2 Juni 2021, Mrk,12 ,26-27               

Dan juga tentang bangkit nya orang -orang mati, tidak kah kamu baca dalam kitab Musa, dalam cerita semak berduri, bagaimana bunyi firman Allah kepadanya: Akulah Allah Abraham , Allah Ishak dan Allah Yakub. Ia bukanlah Allah orang mati, melainkan Allah orang hidup.                 

Refleksiku:                            

Ya Tuhan ajarilah saya selalu tentang firman-Mu. Engkaulah Allah yang hidup dan tinggal lah di hati saya, supaya iman dan  kepercayaan saya kepada-Mu semakin tumbuh dan  kuat. Dalam kehidupan sehari-hari sering sekali iman saya goyah, Tidak berani mewartakan, kemuliaan-Mu kepada saudara-saudara ku.           

Doaku:                          

Ya Tuhan, tuntunlah  saya selalu ke jalan yang benar. Saya percaya adanya Kebangkitan dan Allah orang hidup. Mudah mudahan kelak disaat ajal saya tiba, Tuhan jua lah yang dapat membuat saya hidup. Oleh  sebab itu ingatlah daku ya Tuhan, pandangilah daku yang tidak taat kepada-Mu dan ampunilah dosa-dosa ku. Amin

7. Jeni

Selasa , 1 Juni 2021, Markus 12: 17

Lalu kata Yesus kepada mereka : “Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!” Mereka sangat heran mendengar Dia.

Refleksiku:

Tuhan Yesus, melalui sabdaMu Engkau mengingatkan agar aku senantiasa harus mengingat hal-hal rohani untuk kepentingan Mu dan tidak hanya fokus pada kepentingan atau kebutuhan duniawi saja. Keduanya harus dapat aku jalankan dengan benar sesuai porsi nya. Aku masih sering menghadapi cobaan atau hambatan dalam berbagai hal dan sering merasa putus asa dan menjauh dari Mu, tetapi Engkau menghendaki aku untuk tidak menyerah menghadapi semuanya karena Engkau pasti selalu menyertai ku untuk menunjukkan jalan kebenaran.

Doaku:

Terima kasih ya Tuhan Yesus atas penyertaanMu . Bimbinglah aku terus agar imanku tetap teguh untuk menghadapi semua tantangan hidupku dan bertumbuh terus hingga mampu memberikan yang terbaik untukmu. Amin.

8. Iwan

Minggu, 30 Mei 2021, Matius 28: 19-20

19: Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid Ku dan baptis lah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus. 20: dan ajarilah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir zaman.”

Refleksiku:

Ya Yesus, dengan ayat ini Engkau ingin mengingatkanku bahwa Engkau telah mengutus ku untuk mewartakan firman yang telah Kau ajarkan kepadaku ke seluruh penjuru dunia agar banyak orang semakin mengenal Mu dan tertarik untuk mengikuti Mu dan dibaptis dalam nama Bapa, Putera dan Roh Kudus dan Engkau akan menyertai ku sampai akhir zaman, aku sangat mengimani nya.

Doa:

Ya Yesus, mohon keteguhan iman dan penyertaan Roh Kudus agar aku dapat dengan tulus, setia dan tekun menjadi murid Engkau dan terus mewartakan firmanMu kepada sesamaku sampai akhir hidupku. Amin

9. Pardi

Selasa, Markus 12:17

Lalu kata Yesus kepada mereka: “Berikanlah kepada Kaisar apa yang kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!” Mereka sangat heran mendengar Dia.

REFLEKSI:

Tuhan Yesus, hari ini Engkau menunjukkan pada ku, apabila dalam perjalanan hidup, termasuk dalam bersekutu dengan sesama orang percaya, aku akan menghadapi berbagai permasalahan dan jebakan yang sulit diputuskan, maka Aku harus bergantung pada Mu saja, yang akan membimbing aku menjawab atau melangkah ke arah yang paling benar, dan menghindarkan aku dari kesalahan menjawab atau melangkah ke arah yang salah. Aku memang sering merasa kecewa, marah, sedih, tapi Engkau minta agar aku selalu menjadi andalan ku dalam bertindak, karena Engkau akan selalu ada bersama ku.

Doa:

Ya Tuhan, terima kasih Engkau ada selalu bersama ku, aku mengandalkan Mu selalu dalam menghadapi permasalahan, pimpin aku Tuhan dalam setiap langkah ku, amin

10. Sioe Hong

Jumat, 28 Mei 2021, Markus 11:11-26, Ayat emas: Mrk 11: 25

“Dan jika kalian berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di surga mengampuni kesalahan-kesalahan mu.” 

Refleksiku:

Tuhan Yesus, sabda-Mu hari ini mengingatkan aku agar aku bersikap murah hati, mau mengampuni orang yang bersalah kepadaku sebelum aku berdoa kepada-Mu. Engkau ingin agar aku membuka mata hatiku sehingga bisa melihat kalau akupun tidak luput dari kesalahan sehingga aku dapat lebih mudah mengampuni orang2 yang bersalah kepadaku sehingga hatiku menjadi  damai saat aku bersekutu dan berdoa kepada-Mu.

Doaku:

Tuhan Yesus, berikan aku kasih-Mu sehingga aku mampu untuk mengasihi sesamaku termasuk orang2 yang bersalah kepadaku sehingga akupun layak Engkau ampuni. Amin

PST

1. Nanny:

Tuhan menghendaki kita supaya kita selalu teguh dalam iman dan mengampuni orang sebelum berdoa. Kita harus melakukan segala pekerjaan kita dgn kasih dan tidak menggunakan  agama untuk politik, kehidupan rohani dan duniawi kita harus sesuai porsi nya sehingga dengan bimbingan Roh Kudus kita tidak diperbudak keinginan daging dan hidup kita tidak takut lagi, berjalan dalam kebenaran  untuk melaksanakan tugas perutusan untuk mewartakan iman kita.

2. Roedi

Ringkasan Jurnal:

  • Roedi      : Mengenai kebersihan atau kemurnian hati , Dia menekankan betapa pentingnya pengampunan.
  • Henry      : Karena kita berpikir , pokok nya hidup kita baik.
  • Nanny     : Supaya ditengah tantangan kita hendaknya melakukan pekerjaan dengan kasih.
  • Yanto      : Hidup dalam keinginan daging dan senang menumpuk kekayaan yang tidak halal serta terbelenggu oleh adat istiadat dan segala jenis tahyul.
  • Dwi         :  Kita wajib memberikan kepada Nya , apa yang menjadi kewajiban kita.
  • Mutiara  : Dialah Allah yang hidup dan selalu tinggal didalam hati kita.
  • Iwan        : Dia mengutus kita untuk mewartakan Firman yang telah diajarkan .
  • Hong       :  Kita harus bersikap murah hati dan  mau mengampuni sesama
  •  yang bersalah kepada kita.
  • Pardi       : Kita akan menghadapi berbagai masalah dan jebakan yang sulit kita hadapi.
  • Jeni          : Kita harus mengingat hal-hal rohani dan untuk kepentingan Nya dan tidak hanya fokus pada kepentingan duniawi saja

PST

Tuhan Yesus berpesan kepada kita, didalam menjalankan MISI dari Nya yang penuh dengan tantangan, hendaknya kita melakukan dengan penuh KASIH dan sesuai dengan FIRMAN yang telah diajarkan. Kita akan menghadapi berbagai macam masalah dan jebakan yang sulit kita hadapi , untuk itu kita harus mengingat hal-hal rohani sebagai senjata dan demi menjalankan tugas dari Nya lah kita tidak boleh focus pada kepentingan duniawi. Kita harus dapat menghindari hidup yang dikuasai Roh Kedagingan, seperti menumpuk kekayaan yang tak halal serta terbelenggu oleh adat istiadat yang bertentangan dengan ajaran Nya termasuk percaya terhadap segala jenis kuasa kegelapan. Hal lain yang penting harus kita lakukan adalah bersikap murah hati dan bersedia secara tulus untuk mengampuni sesama yang bersalah kepada kita.

Didalam hal PENGAMPUNAN, kita tidak boleh berpikir bahwa didalam menjalani kehidupan sehari-hari kita sudah berbuat baik, tapi untuk mendapatkan pengampunan untuk kita sendiri, maka kemurnian dan ketulusan hati kita didalam mengampuni sesame adalah MUTLAK. Berdoalah selalu dengan tekun, maka Dia akan membimbing kita, karena Dia Allah yang hidup dan senantiasa tinggal didalam hati kita.

3. Dwi

Tuhan Yesus berpesan agar kita melakukan segala pekerjaan kita dalam kasih. IA juga meminta agar kita saling mengampuni , agar IA juga mengampuni  kesalahan-kesalahan kita. Tuhan Yesus mengatakan agar kita mengikuti cerita Injil, yaitu memberikan kepada Kaisar apa yang wajib kita berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kita berikan kepada Allah. Kita telah menerima Roh yg menjadikan kita anak Allah. IA bukanlah Allah orang mati, melainkan Allah orang hidup. Apa saja yang kita minta dan doakan, maka hal itu akan diberikan kepada kita. Tuhan Yesus meminta kita untuk menjadikan semua bangsa menjadi murid NYA, dan membaptis mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus. IA meminta kita mengajar mereka melakukan segala sesuatu yang telah IA perintahkan kepada kita. IA menyertai kita senantiasa sampai akhir zaman.

4. Henry

Tuhan Yesus berpesan, kita harus melakukan apa  yang diperintah kan Allah dan pemerintah, seimbang antara kepentingan duniawi dan rohani, dan tidak boleh menggunakan agama untuk kepentingan politik, agar kepercayaan kita kepada Nya semakin tumbuh dan kuat. Dia ingin kita ingat bahwa Dia telah mengutus kita untuk mewartakan Firman yang telah diajarkan kepada kita.

Dia juga berpesan, agar kita hendaknya melakukan pekerjaan kita dengan Kasih, iman, tulus, teguh serta kebersihan hati kita agar dapat mengatasi segala tantangan, agar Doa kita Dia dengarkan, agar kita dapat menjadikan kuasa Roh Kudus Nya untuk menjadi pusat kehidupan dalam keluarga kita dan bergantung pada Nya saja. Dia akan membimbing kita, menjawab atau melangkah ke arah yang paling benar. Dia ingin agar kita dapat bersikap murah hati, dan mau mengampuni orang yang bersalah kepada kita.

5. Yanto

Tuhan Yesus selalu mengajari kita tentang FirmanNya, sebelum kita berdoa kepada Nya, kita bersikap murah hati, mau mengampuni orang yg bersalah kepada kita dan melakukan pekerjaan dengan kasih yg dapat mengatasi segala tantangan, serta dilandasi dengan iman, tulus serta kebersihan hati kita dengan demikian doa kita akan Dia dengar. Dia mengingatkan kita akan hal-hal rohani untuk kepentingan Nya bukan hanya fokus pada kepentingan atau kebutuhan duniawi saja, agar diberikan kepada Nya apa yg wajib diberikan kepada Dia. Aku tidak takut lagi sebagai anak Mu, untuk mewartakan FirmanMu yg telah Dia ajarkan kepada kita keseluruh dunia, karena Roh kudus Nya memimpin kita sebagai penerang dan penunjuk jalan kebenaran dalam hidup kita

6. Mutiara

Dialah Allah yang hidup dan selalu tinggal didalam hati kita. Dia mengutus kita untuk mewartakan firman-Nya dan dalam melakukan segala pekerjaan hendaknya berdasarkan kasih. Tuhan juga berpesan pada kita supaya membaca Firman-Nya, sehingga iman, kepercayaan dan kasih tumbuh dan berbuah. Untuk itu kita harus bersikap murah hati dan mau mengampuni sesama yang bersalah kepada kita, Sebab kita akan menghadapi berbagai masalah dan jebakan yang sulit kita hadapi. Kita harus mengingat hal hl rohani dan tidak hanya fokus pada kepentingan duniawi saja. Kita juga memberikan apa yang menjadi hak kita pada-Nya dan juga pada pemerintahan. Amin

7. Jeni

Tuhan Yesus berpesan agar dalam hal melakukan semua pekerjaan harus dilandasi kasih dan iman yang tulus sehingga masalah kita pasti dilancarkan dan semua rintangan dapat teratasi dengan baik, terlebih apabila kita juga mampu melaksanakan tugas rohani dan duniawi sesuai porsi nya yang sesuai dengan yang diperintahkan oleh Nya, karena Dialah pusat kehidupan kita. Kitapun diutus untuk mewartakan firman Nya agar banyak orang mengenal Nya dan tidak lupa kitapun harus bergantung kepada Nya saja karena Dia selalu menuntun langkah kita ke arah yang benar karena Dia selalu bersama kita. Dialah yang hidup yang menumbuhkan iman kita lebih kuat sehingga kita harus terus bermurah hati untuk mampu mengampuni orang-orang yang bersalah kepada kita sekalipun, sehingga kita mendapatkan kehidupan penuh damai sejahtera bersama Nya.

8. Iwan

Tuhan Yesus menghendaki agar kita dapat lebih mengenal firman Nya sehingga iman, kepercayaan, harapan dan kasih dapat tumbuh semakin besar didalam hati kita. Kita tahu perbuatan yang benar dan baik, mana yang menjadi hak dan kewajiban kita sesungguhnya, dapat bermurah hati dan mengampuni sesama kita dengan tulus dan tanpa mengingat-ingat, tidak mudah putus asa dan menyerah.

Kita dapat mewartakan firman Nya ke sesama kita dengan penuh keyakinan karena Roh Kudus menyertai kita sampai akhir zaman.

9. Pardi

Ringkasan Jurnal:

  • Nanny: aku hendaknya melakukan pekerjaan ku dengan kasih agar dapat mengatasi segala tantangan
  • Roedi: Aku harus melakukan segalanya dilandasi dengan IMAN , tulus , teguh serta kebersihan hatiku, agar doaku Kau dengarkan,
  • Dwi: Aku harus melakukan apa yang diperintahkan Allah dan Pemerintah.
  • Henry: aku tidak boleh menggunakan agama untuk kepentingan politik
  • Yanto: Aku sudah bebas dimerdekakan oleh Kuasa Roh KudusMu yg menjadi pusat kehidupan dalam keluarga ku.
  • Mutiara: Aku ingin kepercayaan saya kepada-Mu semakin tumbuh dan  kuat
  • Jeni: Kepentingan duniawi dan Rohani harus dapat aku jalankan dengan benar sesuai porsi nya.
  • Iwan: Engkau telah mengutus ku untuk mewartakan firman yang telah Kau ajarkan kepadaku.
  • Pardi: Aku harus bergantung pada Mu saja, yang akan membimbing aku menjawab atau melangkah ke arah yang paling benar.
  • Sioe Hong.

PST:

Tuhan Yesus berpesan, agar kita hendaknya melakukan pekerjaan kita dengan kasih, IMAN, tulus, teguh serta kebersihan hati kita agar dapat mengatasi segala tantangan dan agar doa kita Dia dengarkan, dan kita dapat menjadikan Kuasa Roh Kudus Nya untuk menjadi pusat kehidupan dalam keluarga kita, dan bergantung pada Nya saja, yang akan membimbing kita menjawab atau melangkah ke arah yang paling benar.

Kita juga harus melakukan apa yang diperintahkan Allah dan Pemerintah, seimbang antara kepentingan duniawi dan rohani, dan tidak boleh menggunakan agama untuk kepentingan politik, agar kepercayaan kita kepada-Nya semakin tumbuh dan  kuat.

Dia juga ingin kita ingat bahwa Dia telah mengutus kita untuk mewartakan firman yang telah Dia ajarkan kepada kita.

10. Sioe Hong

Tuhan Yesus berpesan supaya kita melakukan segala pekerjaan dengan landasan kasih, tidak mencampuradukkan agama dan politik dalam melakukan kewajiban kita. Sebelum berdoa, hendak lah kita mengampuni sesama dengan tulus dan menjauhkan perasaan dendam yang ada di dalam hati maka ia akan mendengarkan doa kita apabila kita meminta nya dengan penuh iman. Ia juga telah mengaruniakan Roh Kudus yang membebaskan dari rasa takut untuk bersaksi dan kita akan dituntun-Nya ke jalan yang paling benar dan dapat menjalankan kehidupan rohani dan duniawi sesuai dengan porsi nya