1. Nanny

Rabu 19 Mei 21, Markus 14 : 8a

Ia telah melakukan apa yg dapat dilakukannya.

Refleksi:

Tuhan Jesus, dalam berbagai firmanMu, Engkau menghendaki aku untuk mencontoh hidup Mu, mengasihi sesama dan melaksanakan tugas perutusan Mu. Namun aku sering merasa tidak mampu, bingung dan ragu2, apa yg harus kulakukan. Hari ini, melalui ayat ini Engkau berpesan supaya aku tidak ragu2 dan melakukan saja sebatas apa yg dapat kulakukan. Engkau tidak mengharapkan aku melakukan hal yg besar sekaligus, tetapi aku dapat memulainya dengan perkara yg kecil.

Doa:

Tuhan yg Pengasih, buka mataku agar aku dapat selalu melihat undangan Mu untuk melaksanakan hal2 yg dapat kulakukan pada setiap harinya bagi kemuliaan Mu.

2. Roedi

Selasa , 25 Mei 2021, (Sir 35:3,9).

Yang direlai oleh Tuhan ialah menjauhi kejahatan, dan menolak kelaliman merupakan korban penghapus dosa. Berikanlah kepada Yang Maha tinggi berpadanan dengan apa yang Ia berikan kepadamu, dengan murah hati dan sesuai dengan hasil tanganmu.

REFLEKSI:

Yesus ku, firmanMu hari ini tentang pengabdian dan kesetiaan dan jawaban atas janji Mu. Pengabdian kepadaMu adalah bentuk pengabdian ku kepada yang Maha tinggi dan sebagai jawaban  karena Engkau telah lebih dahulu mengasihi aku. Akupun harus memberikan kepadaMu sesuai dengan apa yang Engkau berikan kepadaku, yaitu hidup kekal. Suatu timbal balik yg tak terukur lagi buat aku.

DOA:

Ya Yesus ku , penuhi aku dengan Roh KudusMu, bimbing aku untuk hidup sesuai dengan jalan yang Engkau ajarkan. mampukan aku untuk mengikuti  Engkau sesuai dengan kehendakMu. Amin.

3. Dwi

Selasa, 25 Mei 2021, Sir 35: 12

Sebab Tuhan adalah Hakim, yg tidak memihak.

Refleksiku:

Tuhan Yesus, Engkau mengingatkan aku, kalau Engkau adalah Hakim yg adil dan tak memihak.

Doaku:

Tuhan Yesus, Engkau adalah Hakim yg adil. Setiap perbuatanku, kata kataku, doaku, Engkau perhatikan. Tolong ingatkan aku agar setiap waktu aku selalu menyadari keberadaan Mu dan agar aku selalu mengikuti Firmanmu dengan tekun dan patuh.

4. Henry

Selasa, 25 Mei 21, Mrk 10 : 29,30

Jawab Yesus : ” Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang karena Aku dan karena Injil meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, ibunya atau bapak nya, anak-anak nya atau ladang nya,

Orang itu sekarang pada masa ini juga akan menerima kembali seratus kali lipat, rumah, saudara laki-laki, saudara perempuan, ibu anak dan ladang, sekalipun disertai berbagai penganiayaan, dan pada zaman yang akan datang, ia akan menerima hidup yang kekal.

Refleksiku:

Tuhan Yesus, hari ini Engkau mau mengajar ku, Aku hanya mengutip Injil yang barusan aku baca, barang siapa meninggalkan ibu bapa, rumah, milik, saudara saudaranya, dia akan mendapatkan seratus kali lipat, dan Sabda Mu itu benar. Yang dimaksud disini adalah boleh saja aku mempunyai milik, suami isteri, saudara-saudara boleh saja, tetapi jangan pernah lengket kepada mereka, yang dianggap sebagai milik ku, dan dirawat secara baik 2, sehingga dengan demikian aku menjadi tidak bebas, tidak lepas untuk melayani Sesama dan berbakti kepadaMu. Semakin aku lengket kepada milik ku yang aku harus rawat, harus aku urus, semakin aku menjadi budak, semakin aku tidak bebas untuk melayani Tuhan dan sesama manusia. Sebenarnya aku harus ingat, bahwa semua yang ada padaku, kesehatan ku, orang tua-ku, rumah ku, usaha ku, dan pekerjaan ku, semuanya adalah anugerah, hadiah dari Engkau di Surga.

Doaku:

Tuhan Yesus, Engkau Sungguh baik, aku di ingatkan kembali, bahwa aku harus meninggalkan semua yang ada padaku, supaya aku dapat lebih konsen dalam mewartakan Injil Mu, yang pada akhirnya nanti aku akan beroleh hidup yang kekal. Amin.

5. Yanto

Selasa,25 mei 2021, ( Mrk 10:28-30)

28.Berkata lah Petrus kepada Yesus: “Kami meninggalkan segala sesuatu dan mengikuti Engkau!” 29. Jawab Yesus: ” Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang karena Aku dan karena injil meninggalkan rumahnya, saudaranya yg laki laki atau saudaranya perempuan, ibunya ataupun bapaknya, anak anaknya ataupun ladangnya, 30. Orang itu sekarang pada masa ini juga akan menerima kembali seratus kali lipat : rumah, ibu, anak dan ladang, sekalipun disertai bebagai penganiayaan, fan pada zaman yg akan datang  ia akan menerima hidup yg kekal.

Refleksiku:

Tuhan Yesus, dalam sabdaMu hari ini, Engkau berkata kepada aku, jika aku mau mengikuti Mu dengan segala kerendahan dan ketulusan hati, rela meninggalkan segala kenikmatan hidup dunia ini, maka Engkau akan memberi segala keperluan hidupku lebih dari apa yg ku punya dan Engkau memberikan damai, sukacita dan kebahagiaan serta menerima kehidupan kekal dimasa yg akan datang, meskipun hidup ku disertai segala macam penganiayaan. Engkau  akan selalu menyertaiku sampai akhir zaman.

Doa:

Puji syukur dan terima kasih Bapa,atas segala Rahmat dan Karunia Yg Engkau berikan kepadaku. Engkaulah Allah yg maha pengasih dan penyayang yg patut kupuji dan kusembah. Amin.

6. Mutiara

Selasa,25 mei 2021, ( Mrk 10:28-30)

28.Berkata lah Petrus kepada Yesus: “Kami meninggalkan segala sesuatu dan mengikuti Engkau!” 29. Jawab Yesus: ” Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang karena Aku dan karena injil meninggalkan rumahnya, saudaranya yg laki laki atau saudaranya perempuan, ibunya ataupun bapaknya, anak anaknya ataupun ladangnya, 30. Orang itu sekarang pada masa ini juga akan menerima kembali seratus kali lipat : rumah, ibu, anak dan ladang, sekalipun disertai bebagai penganiayaan, fan pada zaman yg akan datang  ia akan menerima hidup yg kekal.

Refleksiku:

Ya Tuhan, Engkau selalu mengingatkan saya supaya bisa mengikuti jalan-Mu tanpa ragu dan takut. Engkau ingin aku menanamkan keberanian supaya bisa sepenuh hati mengajak saudara-saudara ku yang tidak seiman menjadi Katolik. Iman saya masih lemah. Tetapi setelah membaca firman-Mu saya menjadi semangat mewartakan Injil-Mu kepada sesama.

Doaku:

Ya Tuhan ampunilah saya yang selama ini mengabaikan Firman-Mu, karena kesibukan saya yang tidak menentu. Turunkan lah Roh Kudus-Mu agar hati saya berkobar dalam mewartakan kabar Gembira bagi saudara-saudara ku yang belum pernah mendengar Firman-Mu yang berisi tentang Cinta kasih yang tidak ada batasnya dari Engkau ya Tuhanku

7. Jeni

Rabu, 26 Mei 2021, Markus 10:32-45, Ayat yg dipilih : 40 , 45

Tetapi hal duduk di sebelah kanan Ku dan kiri Ku , Aku tidak berhak memberikan nya. Itu akan diberikan kepada orang-orang bagi siapa itu telah disediakan. Sebab Anak Manusia pun datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa Nya sebagai tebusan bagi orang banyak.

Refleksiku;

Ya Yesus, Engkau mengingatkan aku untuk tidak meminta kedudukan dan kekuasaan duniawi. Untuk mendapatkan kemuliaan Mu , Engkau mau aku harus selalu melayani Mu dan orang banyak dengan berani memikul salib Mu dan sanggup menjadi pelayan dan  hamba bagi sesama bukan nya aku yg meminta untuk dilayani. Hal itu tidaklah mudah bagiku tetapi aku mau berjuang untuk mengikuti Mu.

Doaku;

Terima kasih ya Yesus ku atas penyertaanMu selama ini. Curahkan lah Roh KudusMu agar aku tetap mampu melalui kerikil- kerikil kehidupan yang tajam agar kelemahanku Kau kuatkan untuk dapat dengan rendah hati melayani Mu dan sesama . Karena Engkaulah satu-satunya andalan ku. Amin

8. Iwan

Minggu, 23 Mei 2021, Yoh 15 : 26-27

26: Jikalau Penghibur yang akan Ku utus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. 27:Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku.”

Refleksiku:

Ya Yesus, dengan ayat ini Engkau ingin mengingatkanku bahwa Engkau sungguh Maha Benar yang berasal dari Allah Bapa, Engkau sungguh sumber kebenaran yang ilahi, sehingga Engkau mengutus Roh Kebenaran yang berasal juga dari Allah Bapa untuk menyertai ku agar aku dapat bersaksi untuk Mu agar aku tidak ragu mewartakan kebenaran tentang Engkau.

Doaku:

Ya Yesus, utus lah Roh Kebenaran agar hadir didalam hatiku sehingga aku tidak ragu lagi dalam bersaksi tentang Engkau, dan menjadi pelaku firmanMu yang setia dan taat. Amin

9. Pardi

JURNAL: Kejadian 3:9,12,13, 24 Mei 2021

9. Tetapi TUHAN Allah memanggil manusia itu dan berfirman kepadanya: “Di manakah engkau?” 12. Manusia itu menjawab: “Perempuan yang Kau tempat kan di sisi ku, dialah yang memberi dari buah pohon itu kepadaku, maka ku makan.” 13. Kemudian berfirmanlah TUHAN Allah kepada perempuan itu: “Apakah yang telah kau perbuat ini?” Jawab perempuan itu: “Ular itu yang memperdayakan aku, maka ku makan.”

REFLEKSI:

Tuhan Yesus, Engkau menegaskan pada ku, bahwa Engkau ingin dekat dengan ku, tapi dosa membuat aku menjadi takut dan jauh dari Mu. Tapi Engkau sudah membuka jalan untuk ku untuk memperbaharui hubungan ku dengan Mu. Engkau yang maha pengasih ingin dekat dengan ku, apapun dosa ku, Engkau akan membantu ku untuk lebih dekat dengan Mu.

Engkau ingin aku paham, bahwa Perintah Mu itu untuk kebaikan ku. Aku tidak perlu paham apa maksud dibelakang perintah Mu tersebut. Aku harus patuh dan mengikuti apa pun yang Engkau inginkan, walaupun aku mengerti ataupun tidak mengerti mengapa ada perintah seperti itu. Engkau tahu apa itu kebenaran, dan minta agar aku bertanggungjawab atas apa yang sudah aku lakukan, tidak mencari kambing hitam atau pembenaran bahwa yang aku perbuat itu tidak salah.

Doa:

Ya Tuhan, aku ingin sekali mampu menyenangkan hati Mu dengan mematuhi perintah Mu, tapi aku orang lemah, semoga Roh Kudus di dalam aku selalu menguatkan niat ku agar selalu dekat dengan Mu, amin.

10. Sioe Hong

Markus 10:32-45, Ayat Emas: Mrk 10:43b

Barang siapa ingin menjadi besar di antara kalian hendaklah ia menjadi pelayanmu. Dan barang siapa ingin menjadi yang terkemuka di antara kalian, hendaklah ia menjadi hamba untuk semuanya.

Refleksiku:

Tuhan Yesus, Engkau menghiburku lewat sabda-Mu hari ini, belakangan ini aku sering kesal, sedih terutama di saat2 dimana  begitu banyak pekerjaan yang harus aku tangani sementara rekan2 kerja ku yang lain santai dan tidak peduli, akan dead line pekerjaan yang ada. Lewat sabdaMu hari ini, Engkau mengingatkanku bahwa kalau aku mau menjadi besar dan terkemuka, aku tetap harus menunjukkan diriku berbeda, aku harus menunjukkan aku punya tanggung jawab dan tidak ikut2an dengan rekan2 yang lain yang tidak peduli dengan tugas dan tanggung jawabnya. Aku harus taat, patuh dan penuh tanggung jawab akan segala tugas dan tanggung jawab yang diberikan oleh atasanku, sehingga aku dapat menunjukkan bahwa aku adalah pengikut-Mu yang setia.

Doaku:

Tuhan Yesus, terima kasih atas tuntunan Roh Kudus-Mu, aku terhibur lewat sabda-Mu hari ini sehingga aku tetap taat bertekun walaupun lingkungan di sekitarku bersikap acuh tak acuh akan tugas dan tanggung jawab mereka. Berilah aku kekuatan dan kemampuan dalam menyelesaikan segala tugas dan tanggung jawabku, amin.

PST

  1. Nanny

Tuhan Jesus adalah hakim yg adil, Ia  menginginkan kita untuk memberikan kepadaNya, sesuai dgn hidup kekal yg diberikanNya. Ia mau kita tidak ragu2 untuk bersaksi bagiNya, melakukan apa saja yg dapat kita lakukan, memikul salib kita dan harus berani meninggalkan kesenangan kita untuk melayani dan mematuhi perintahNya. Kita harus bertanggung jawab dan tampil beda sebagai muridNya, dan tidak mencari pembenaran atas perbuatan kita yang salah.

2. Roedi

Ringkasan Jurnal:

  • Nanny: Tuhan  menghendaki aku untuk mencontoh hidup Nya
  • Roedi: Akupun harus memberikan kepadaMu sesuai dengan apa yang Engkau berikan kepadaku.
  • Dwi: Engkau adalah Hakim yg adil dan tak memihak.
  • Henry: Orang yang meninggalkan miliknya, akan menerima 100 kali lipat.
  • Yanto: Engkau memberikan damai, sukacita dan kebahagiaan serta menerima kehidupan kekal dimasa yg akan datang.
  • Jeni: Anak Manusia pun datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani.
  • Iwan: Roh Kebenaran akan menyertai ku agar aku dapat bersaksi untuk Mu.
  • Pardi: Engkau sudah membuka jalan agar hubungan ku dengan Mu diperbaharui.
  • Sioe Hong: Siapa ingin menjadi besar hendaklah ia menjadi pelayanmu.

PST:

Tuhan Yesus berpesan, Dia adalah hakim yang adil dan tidak memihak, kita harus mencontoh apa yang Dia sudah perbuat, dan memberikan pada Nya sesuai apa yang sudah Dia berikan untuk kita. Dia sudah membuka jalan agar hubungan kita dengan Nya diperbaharui. Dia minta Kita menyebarkan berita kebenaran tentang Dia, dan Roh Kebenaran akan menyertai kita agar kita dapat bersaksi untuk Dia. Kalau kita ingin jadi besar, maka kita harus melayani. Dia pun datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani kita semua. Kalau kita rela meinggalkan milik kita, Dia akan mengembalikan pada kita 100 kali lipat, dan  memberikan damai, sukacita dan kebahagiaan serta menerima kehidupan kekal dimasa yg akan datang.

3. Dwi

Ringkasan Jurnal:

  • Roedi. Sir 35:3,9. Jauhi  kejahatan, dan tolak kelaliman untuk penghapus dosa.
  • Dwi. Sir 35: 12. Tuhan adalah Hakim adil dan tidak memihak.
  • Nanny. Markus 14 : 8a. Jangan ragu2 dan lakukan mulai dari perkara yg kecil.
  • Iwan. Yoh 15 : 26-27. Roh Kebenaran akan bersaksi tentang Aku, demikian kamu juga
  • Henry, Yanto. Mrk 10 : 29,30. setiap orang yang karena Aku dan karena Injil meninggalkan keluarga dan akan menerima kembali seratus kali lipat, dan ia akan menerima hidup yang kekal.
  • Jeni,  Sioe Hong, Markus 10:40-45. Anak Manusia pun datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawaNya sebagai tebusan bagi orang banyak.
  • Pardi. Kejadian 3:9,12,13 . Perintah Mu itu untuk kebaikan ku. Aku harus patuh walaupun aku tidak mengerti.

PST:

Yesus menyampaikan agar kita menjauhi kejahatan, dan menolak kelaliman agar dosa-dosa kita dihapus NYA. Perintah NYA itu untuk kebaikan kita, dan kita harus patuh walaupun kita kadang-kadang tidak mengerti maksud NYA. Namun  Tuhan Yesus adalah Hakim adil dan tidak memihak. Jangan ragu-ragu mengikuti NYA, kita perlu melakukan mulai dari perkara-perkara yg kecil. Roh Kebenaran akan bersaksi tentang NYA, demikian kita juga harus bersaksi untuk NYA. Yesus datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa NYA sebagai tebusan bagi kita semua. Kalau kita, karena Yesus dan karena Injil meninggalkan keluarga maka kita akan menerima kembali seratus kali lipat, dan kita akan menerima hidup yang kekal.

4. Henry

Tuhan Yesus berpesan, Dia sudah membuka jalan agar  hubungan kita dengan Nya diperbaharui. Dia minta kita menyebarkan berita kebenaran tentang Dia dan Roh Kebenaran akan menyertai kita agar kita  dapat bersaksi untuk Dia.

Kalau kita ingin menjadi  besar, maka kita harus melayani. Dia pun datang bukan untuk dilayani, tapi untuk melayani kita semua. Kalau kita rela meninggalkan milik kita, Dia akan mengembalikan kepada kita  100 kali lipat, dan memberikan damai, sukacita dan kebahagiaan serta menerima kehidupan kekal dimasa yang akan datang.

Dia adalah Hakim  yang adil dan tak memihak, kita harus mencontoh apa yang sudah diperbuat dan memberikan kepada Nya sesuai apa yang sudah Dia berikan untuk kita.

5. Yanto

Tuhan yesus adalah hakim yg adil dan tak memihak, Dia sungguh maha benar yg berasal dari Bapa, sumber kebenaran Illahi.Maka kalau kita mau menjadi besar dan terkemuka, kita harus taat, patuh melayani dan tanggung jawab serta penuh pengabdian kepada Dia, yg lebih dahulu mengasihi kita, dengan mengikuti contoh hidupNya mengasihi sesama dan melaksanakan tugas perutusan Nya sebagai pembuka jalan kita untuk memperbaharui hubungan kita denganNya. Kita tidak boleh meminta kedudukan dan kekuasaan duniawi, mengingat semua harta dan keluarga serta pekerjaan kita semuanya adalah anugrah, hadiah dari Dia di Sorga. Dia mau,agar kita melayani Dia dan memikul salibNya serta mengikuti Dia dengan segala kerendahan dan ketulusan hati, rela meninggalkan segala kenikmatan dunia ini, untuk menerima hidup kekal.

6. Mutiara

Tuhan menghendaki kita untuk mencontoh hidupnya yang penuh kasih dan kebenaran, dan kitapun harus memberikan kebenaran sesuai apa yang Dia berikan kepada kita, karena Dia lah Hakim yang adil dan tidak memihak dan sepantasnya kita mengikuti Dia, sebab orang yang meninggalkan miliknya akan menerima 100 kali lipat dan marilah kita wartakan Firman-Nya ke seluruh dunia. Karena Dia memberikan sukacita dan kebahagiaan  serta hidup kekal bagi kita. dimasa mendatang, Roh kebenaran akan menyertai kita agar dapat bersaksi dan Dia sudah membuka jalan bagi kita dan siapa yang ingin besar hendak lah kita menjadi pelayan bagi sesama.

7. Jeni

8. Iwan

Tuhan Yesus menghendaki supaya kita hidup seperti Dia krn Dia adalah Maha Benar, Hakim yang adil, sumber damai, sukacita, kebahagiaan , melayani sesama umat dgn tulus, setia dan taat kepada Bapa Nya, sebagai penghubung antara umat manusia dengan Allah Bapa, sehingga bila kita setia, taat kepada firman Nya dan mau menjadi pelayan dan saksi Kristus maka kita akan memperoleh hidup yang kekal dan memperoleh penggantian 100x lipat.

9. Sioe Hong

10. Pardi

JURNAL RINGKASAN:

  1. Nanny: Tuhan  menghendaki aku untuk mencontoh hidup Nya
  2. Roedi: Akupun harus memberikan kepadaMu sesuai dengan apa yang Engkau berikan kepadaku.
  3. Dwi: Engkau adalah Hakim yg adil dan tak memihak.
  4. Henry: Orang yang meninggalkan miliknya, akan menerima 100 kali lipat.
  5. Yanto: Engkau memberikan damai, sukacita dan kebahagiaan serta menerima kehidupan kekal dimasa yg akan datang.
  6. Jeni: Anak Manusia pun datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani.
  7. Iwan: Roh Kebenaran akan menyertai ku agar aku dapat bersaksi untuk Mu.
  8. Pardi: Engkau sudah membuka jalan agar hubungan ku dengan Mu diperbaharui.
  9. Sioe Hong: Siapa ingin menjadi besar hendaklah ia menjadi pelayanmu.

PST:

Tuhan Yesus berpesan, Dia adalah halim yang adil dan tidak memihak, kita harus mencontoh apa yang Dia sudah perbuat, dan memberikan pada Nya sesuai apa yang sudah Dia berikan untuk kita. Dia sudah membuka jalan agar hubungan kita dengan Nya diperbaharui. Dia minta Kita menyebarkan berita kebenaran tentang Dia, dan Roh Kebenaran akan menyertai kita agar kita dapat bersaksi untuk Dia.

Kalau kita ingin jadi besar, maka kita harus melayani. Dia pun datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani kita semua. Kalau kita rela meinggalkan milik kita, Dia akan mengembalikan pada kita 100 kali lipat, dan  memberikan damai, sukacita dan kebahagiaan serta menerima kehidupan kekal dimasa yg akan datang.