JURNAL:

1. Nanny

Senin, 17 Mei 21, Yunus 1 : 1-3a, 17a, 2 : 1-2a, 9b

1:1- 3a Datanglah firman Tuhan kepada Yunus bin Amitai demikian: Bangunlah, pergilah ke Niniwe, kota yg besar itu, berserulah terhadap mereka, karena kejahatan nya telah sampai kepada Ku. Tetapi Yunus bersiap untuk melarikan diri ke Tarsis, jauh dari hadapan Tuhan. 17a: Maka atas penentuan Tuhan datanglah seekor ikan besar yg menelan Yunus. 2 : 1-2a: Berdoalah Yunus kepada Tuhan, Allah nya dari dalam perut ikan itu, katanya: Dalam kesusahan ku aku berseru kepada Tuhan dan Ia menjawab aku. 17a: Keselamatan adalah dari Tuhan.

Refleksi

Tuhan, meskipun Yunus berusaha untuk melarikan diri dari tugas yg diberikan Mu kepadanya, Engkau tetap mengejar dia supaya ia melaksanakannya. Dan ketika ia kesulitan dan perlu diselamatkan, Ia berdoa kepadaMu dan diselamatkan. Akupun terkadang seperti Yunus, ayal2-an dan berusaha menjauh dan melarikan diri dari tugas yg Kau berikan kepadaku. Namun Engkau yg pengasih, terus mengejar ku untuk selalu membangun relasi dengan Mu dan memampukan aku untuk melaksanakan tugas dari Mu.

Doa:

Tuhan yg Maha pengasih, terima kasih karena selalu melindungi dan membimbing ku, dan dengan cinta Mu menyelamatkan ku.

2. Henry

Minggu, 16 Mei 21, Yoh 17 : 20,21

Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang 2 yang percaya kepada Ku oleh penderitaan mereka, supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, didalam Aku, dan Aku didalam Engkau, agar mereka juga didalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.

Refleksiku:

Tuhan Yesus, melalui Ayat ini, Engkau mau menyampaikan, bahwa Engkau menginginkan murid2 Mu bersatu, satu sama lain, sama seperti persatuan Mu dengan Bapa di Surga. Engkau minta aku bersatu berlandaskan Kasih Mu, sehingga aku dan para orang percaya dapat saling menguatkan, saling mengasihi, dan saling meneguhkan, saling berbagi dan mengasihi, saling menerima kekurangan satu dan yang lain dengan rendah hati, sehingga sebagai murid Mu, aku dapat mewartakan Firman dan ajaranMu, supaya semua orang dapat memperoleh keselamatan Mu.

Doaku:

Tuhan Yesus, aku bersyukur dan berterima kasih, kuatkan Imanku kepadaMu, agar aku selalu rendah hati dan selalu bersatu dengan sesama murid Mu, untuk mewartakan ajaranMu dan selalu memuji namaMu. Amin.

3. ROEDI

Jum’at , 14 Mei 2021, (Yoh 15:16-17)

Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah, dan buah mu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama Ku, diberikan Nya kepadamu. Inilah perintah Ku kepadamu: “Kasihilah seorang akan yang lain.”

REFLEKSI:

Ya Yesus ku , firmanMu pagi ini mengingatkan aku akan pengalaman ku tentang tugas dan misi yang kau berikan kepadaku , dimana semuanya terjadi bukan karena mau ku , tapi karena pilihan Mu lah yang terjadi padaku sehingga aku dapat menjalaninya dengan penuh kasih dan sukacita , sesuai perintahMu.

DOA:

Tuhan Yesus , terima kasih atas pendampingan Mu kepadaku didalam menjalankan misi yg ditugaskan kepadaku, sehingga aku dapat menjalaninya dengan penuh sukacita. Amin.

4. Dwi

Selasa 18 Mei 2021, Yoh 17:2,3

2. Sama seperti Engkau telah memberikan kepada Nya kuasa atas segala yg hidup, demikian pula ia akan memberikan hidup yg kekal kepada semua yg telah Engkau berikan kepada Nya. 3. Inilah hidup yg kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu2 nya Allah yg benar, dan mengenal Yesus Kristus yg telah  Engkau utus.

Refleksiku:

Tuhan Yesus, Engkau mengingatkan, agar aku mendapat hidup kekal, aku harus mengakui adanya satu Allah, dan Engkau adalah satu2nya Putra Allah yg telah diutus Nya untuk menyelamatkan manusia.

Doaku:

Tuhan Yesus, terima kasih Engkau telah datang untuk menyelamatkan aku dan semua orang lain nya Engkau dan Bapa adalah satu. Demikian juga Roh Kudus yg ada pada diriku itu. Terima kasih Tuhan Yesus atas pertolongan yg telah Engkau berikan.

5. Yanto W

Selasa,18 Mei 2021, (Yoh 17 : 1 – 3)

1.Demikianlah kata Yesus, lalu Ia menengadah ke langit dan berkata: ” Bapa, telah tiba saatnya; permuliakanlah anak Mu, supaya anak mu mempermuliakan  Engkau. 2. Sama seperti Engkau telah memberikan kepada Nya kuasa atas segala yg hidup, demikian pula Ia akan memberikan yg kekal kepada semua yg telah Engkau berikan kepada Nya. 3. Inilah hidup yg kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau satu satunya Allah yg benar.

Refleksiku:

Tuhan Yesus, dalam firmanMu hari ini, sebelum Engkau berpisah dengan murid-murid mu, Engkau berdoa kepada Bapa Mu di Sorga untuk kemuliaan Mu dan damai sejahtera diantara murid-murid Mu. Engkau meminta kepada Bapa, agar Engkau dimuliakan, karena Engkau dengan taat dan patuh sudah menyelesaikan segala pekerjaan yg dikehendaki Bapa.

Bapa sudah memberikan kemuliaan nya kepadaMu, untuk berkuasa Kepada setiap mahluk yg hidup di dunia ini.

Engkau ingin aku mengambil Sikap, aku harus mengenal Engkau melalui FirmanMu dengan rajin mendengarkan, membaca Injil serta menjaga perilaku, menjaga moral hidup yg benar, dan dengan keteguhan iman percaya kepadaMu, sehingga dapat membawa aku ke hidup kekal, dan dapat bersatu dengan Mu, karena Engkaulah satu satunya Allah yg benar.

Doa:

Bapa di Sorga, Engkaulah satu satunya Allah yg benar, yg patut dipuji dan di sembah. Aku berlutut dan menyembah Mu atas kuasa kemuliaan Mu dan kebesaran namaMu di bumi dan di Sorga. Terima kasih bapa, terima kasih putera dan terima kasih Roh Kudus. Amin.

6. Jeni

Rabu , 19 Mei, 2021, Yoh 17: 11b – 19, Ayat yg dipilih 17-19

Kuduskanlah mereka dalam kebenaran, firmanMu adalah kebenaran. Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia. Dan Aku menguduskan Diri Ku bagi mereka, supaya merekapun dikuduskan dalam kebenaran.

Refleksiku:

Ya Yesus, Engkau sungguh murah hati kepadaku karena menguduskan aku dalam kebenaran. Engkau minta agar aku juga harus selalu patuh dan menjalankan firmanMu, agar aku dapat bersatu dengan Mu. Engkau juga mau agar aku dapat mewartakan firmanMu dan bersaksi di dunia ini untuk sesamaku dalam kebenaran yang Engkau ajarkan.

Doaku:

Ya Yesus, curahkan lah RahmatMu agar aku dapat menjalankan hidupku seturut kehendakMu dan dapat menikmati cinta kasih Mu yang dapat aku bagikan juga bagi orang lain sehingga dapat lebih baik lagi bersama Mu. Amin

7. Mutiara

Rabu,19-5-21, Yoh,17: 14-15

Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka, karena mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia.

Refleksiku

Ya Tuhan firman-Mu kini telah meneguhkan hatiku, walaupun pada awalnya saya masih malas membaca firman-Mu karena lingkungan kerja yang tidak mengijinkan. Disaat saya mau mewartakan Firman-Mu kepada saudara -saudara yang tidak seiman, saya malah dibenci dan dianggap kafir. Kadang saya pesimis dan lemah dalam mewartakan firman -Mu kepada semua orang. Tapi Engkau minta agar saya lebih berani dalam pewartaan Injil yang Engkau wartakan kepada manusia.

Doaku:                          

Ya, Tuhan ajarilah saya  sesuai  teladan hidup-Mu. Turunkan lah Roh Kudus -Mu   kepadaku supaya dapat menghayati Firman-Mu. Dan tinggal lah di hati ku .supaya kabar Gembira yang  Engkau sampaikan  bisa saya wartakan untuk orang lain dengan sukacita tanpa rasa takut.

8. Sioe Hong

Rabu, 19 Mei 2021, Yoh 17:11b-19, Ayat Emas: Yoh 17: 15, 17

Aku tidak meminta supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari yang jahat. Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.

Refleksiku:

Tuhan Yesus, lewat sabda-Mu hari ini, Engkau mengungkapkan bagaimana Engkau sungguh mengasihiku. Engkau memikirkan ku dan meminta kepada Bapa supaya aku dilindungi dari yang jahat dan agar aku dikuduskan dalam kebenaran. Firman-Mu yang adalah kebenaran, Engkau tinggalkan kepadaku supaya aku selalu berjalan dalam kebenaran. Engkau menghendaki agar jiwaku dapat diselamatkan.

Doaku:

Tuhan Yesus, terima kasih atas kasih yang begitu besar kepadaku. Bimbinglah aku dengan Roh Kudus-Mu agar aku selalu tekun membaca dan melaksanakan firman yang telah Engkau tinggalkan bagiku. Agar hidupku selalu ada dalam jalan kebenaran dan jiwaku dapat diselamatkan. Amin.

9. Pardi

JURNAL: Yoh 16:32-33

32. Lihat, saatnya datang, bahkan sudah datang, bahwa kamu diceraiberaikan  masing-masing ke tempatnya sendiri dan kamu meninggalkan Aku seorang diri. Namun Aku tidak seorang diri, sebab Bapa menyertai Aku. 33. Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.”

REFLEKSI:

Tuhan Yesus, Engkau tetap mengasihi bahwa para murid akan meninggalkan Mu, namun Engkau tetap mengasihi mereka, suatu contoh dari kasih agape Tanpa syarat dari Mu. Engkau minta agar aku tetap percaya pada Mu, dan Engkau akan memberikan ku kedamaian walaupun aku ada dalam tekanan berat dan penderitaan demi nama Mu.

Doa:

Ya Tuhan, kuatkan Iman ku agar aku selalu dapat memelihara kepercayaan pada Mu, dan memperoleh kekuatan untuk melayani Mu dan memuliakan nama Mu, amin