JURNAL:

  1. Nanny

Rabu, 5 Mei 21, Mat 5 : 44-46

Tetapi Aku berkata kepadamu, Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yg menganiaya kamu. Apabila kamu mengasihi orang yg mengasihi kamu, apakah upah mu? Bukankan pemungut cukai juga berbuat demikian?

Refleksiku:

Tuhan Jesus, hari ini Engkau mengajarkan aku untuk mengasihi orang yg bersalah dan yg menyakiti hatiku. Sangat mudah untuk mengasihi orang yg baik dan mengasihiku, namun mengasihi orang yg menyakitiku merupakan sesuatu yg hanya dapat kulakukan jika aku mau mengikuti teladan Mu, rendah hati dan mengundang Roh KudusMu untuk hidup dalam hatiku, supaya hatiku dipenuhi cinta kasih. Aku harus selalu ingat bahwa akupun tidak luput dari kesalahan dan juga dengan sengaja maupun tidak sengaja, kerap menyakiti orang lain juga.

Doa:

Tuhan yg Maha baik, bimbing aku untuk selalu rendah hati dan mengasihi orang yg menyakiti aku karena akupun orang berdosa yg tidak luput dari kesalahan

2. Henry

Selasa, 11 Mei 21, Kis 16 : 23,25,26

Setelah mereka ber kali 2 didera, mereka dilemparkan kedalam penjara. Kepala penjara diperintahkan untuk menjaga mereka dengan sungguh. Tetapi kira 2 tengah malam Paulus dan Silas, berdoa dan menyanyikan puji2 an, kepada Allah dan orang 2 hukuman lain mendengarkan mereka. Akan tetapi Terjadilah gempa bumi yang hebat, sehingga sendi2 penjara itu goyah, dan seketika itu juga terbukalah semua pintu dan terlepas lah belenggu mereka semua.

Refleksiku:

Tuhan Yesus, FirmanMu hari ini mencerahkan aku, Engkau mencontohkan, Paulus dan Silas mengalami situasi gelap atau krisis, namun mereka ber-tubi2 mengajarkan tentang Engkau, yang bangkit, yang hidup, Engkau yang membuat banyak kebaikan2 dan mujijat2. Engkau menunjukkan di bacaan pertama, bahwa mereka itu didera, dihantam dan dipukul, kemudian dilemparkan kedalam penjara, dijaga dengan sangat ketat. Tetapi didalam krisis dan situasi yang gelap ini, Paulus dan Silas tetap percaya kepada Engkau, yang bangkit, bahwa Engkau akan membuka jalan keluar, dalam situasi yang hebat ini. Engkau ingin aku mencontoh Paulus dan Silas, berdoa dan menyanyikan puji 2 an kepada Engkau, sehingga didengar oleh seluruh tahanan. Peristiwa Paulus dan Silas ini, memberikan pelajaran kepadaku, bahwa di dalam krisis ini, aku tetap bisa keluar dan mencari jalan yang terang. Engkau ingin aku selalu berdoa, dalam situasi gelap ku, Engkau akan memberi kepadaku terang pada ku dan kepada semua orang melalui Roh Kudus, kalau aku percaya pada kekuatan Mu, maka aku juga akan menemukan jalan terang dan terobosan baru.

Doaku:

Tuhan Yesus Sumber Kebahagiaan, semua saja yang mengharapkan Dikau, Kau beri napas kehidupan aku mohon semoga karena nya, aku Kau jadikan orang yang selalu mencari

kedamaian serta mengusahakan kebahagiaan sesama. Amin…l

3. Dwi.

Selasa, 11 Mei 2021, Yoh 16: 7

Namun benar yg Kukatakan ini kepadamu: adalah lebih berguna bagi kamu, jikalau Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.

Refleksiku:

Tuhan Yesus, Engkau pergi meninggalkan dunia ini, namun Engkau mengirim Roh Penghibur untukku. Engkau tinggal dalam hatiku, menuntun jalan hidupku dan mengingatkan aku bila jalan ku salah. Engkau juga menghibur ku bila aku merasa sendiri.

Doaku:

Terima kasih Tuhan Yesus, atas penebusan yg Engkau lakukan untuk dosa2 ku. Terima kasih Engkau juga telah mengirim  Roh Kudus untuk menuntun jalan hidup ku menuju Mu.

4. Yanto W

Jumat, 7Mei 2021, Yoh 15:15-17

15.Aku tidak menyebut lagi kamu hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yg diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yg telah Ku dengar dari Bapa Ku. 16. Bukan kamu yg memilih Aku, tetapi Akulah yg memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buah mu itu tetap, supaya apa yg kamu minta kepada Bapa dalam nama Ku, diberikan kepadamu. 17. Inilah perintah Ku kepadamu : Kasihilah seorang akan yg lain.

Refleksiku:

Tuhan Yesus, Dalam FirmanMu hari ini, Engkau memilih dan menetapkan aku dan setiap orang untuk menerima tugas dalam karya perutusan Mu dan mau bekerja di ladang Mu. Engkau tidak menyebut aku hamba lagi, tetapi seorang sahabat, karena aku mau melakukan segala FirmanMu yg Engkau beritahukan kepada aku, yg Engkau dengar segala sesuatunya dari Bapa. Engkau menjelaskan, bahwa kasih sempurna adalah kasih yg  Engkau berikan kepada setiap orang secara terus menerus tanpa syarat. Engkau ingin aku bersikap sebagai seorang sahabat Mu, dimana aku harus melakukannya secara jujur, tulus, rendah hati, sukacita dan penuh kesungguhan, supaya menghasilkan buah dan buah itu tetap, karena aku meminta kepada Bapa dalam namaMu. Itulah perintahMu kepadaku, agar aku dimampukan untuk mengasihi kepada sesama atau seorang akan yg lain.

Doa:

Puji syukur dan terima kasih Bapa. Meskipun aku lemah dalam jiwa dan pikiranku yg sering jatuh kedalam dosa. Engkau selalu menyertai ku bahkan membimbing ku dan mengajar untuk bangkit hidup dalam kebenaran, agar kebangkitan ku menghasilkan buah, buah yg tetap yg selalu aku minta kepada Bapa dalam namaMu. Ampunilah aku yah Bapa atas dosa-dosa ku. Amin

5. ROEDI

Minggu , 9 Mei 2021, Yoh15:9,11-12

9. Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggal lah di dalam kasih Ku itu. 11. Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita Ku ada di dalam kamu dan sukacita mu menjadi penuh. 12. Inilah perintah Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. 

REFLEKSI:

Tuhan Yesus, hari ini Engkau mengingatkan lagi untuk ke sekian kalinya, tentang hukum atau perintahMu yang utama, yaitu tentang KASIH, dimana semua orang hidup pasti mendambakan dan membutuhkan Kasih. Karena hanya dalam kasih aku bisa memperoleh hidup nyaman tenteram dan damai. Cara nya , aku harus hidup dengan  menempel sebagai ranting  kepada Sang Pokok Sumber kehidupan, yaitu Engkau sendiri. Yg terpenting juga adalah semuanya itu harus aku tampil kan dalam perbuatan ku sehari hari. Hanya dengan mengasihi Sesamaku , aku dapat tetap bersatu dengan Mu .

DOA:

Ya Yesus ku  Engkaulah Pokok anggur dan aku ranting Mu. Aku Ingin selalu menempel pada Mu agar aku dapat tetap hidup dan menghasilkan buah , sehingga dapat aku bagikan kepada sesamaku. Bimbing aku dengan Roh KudusMu ya Tuhan, Agar aku dapat hidup sesuai dengan kehendakMu. Amin

6. Jeni

Kamis , 6 Mei 2021, Yohanes 15: 9-11, Ayat yg dipilih : ayat 10

Jikalau kamu menurut perintah-Ku , kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya .

Refleksiku:

Yesus, Engkau mengingatkan aku bahwa Engkau sendiri harus menurut perintah Bapa maka aku juga harus menuruti perintah-Mu dan ajaran-Mu agar hidupku penuh suka cita bersama-Mu sehingga mampu mewartakan kabar suka cita itu kepada sesamaku dan juga mampu aku jalankan dalam kehidupan sehari-hari ku. Aku tahu bahwa tidaklah mudah menjalankannya, tetapi aku harus percaya dan mau menerima apa yang Engkau perintahkan.

Doaku:

Ya Yesus, terima kasih atas kesempatan yang telah Engkau berikan kepada-Ku. Mampukan lah aku agar dapat menerima kabar sukacita Mu sehingga aku dapat lebih dekat lagi kepada-Mu. Amin

7. Iwan

Minggu, 9 Mei 2021, Yoh 15: 9-17, Ayat yg berkesan: 14

Kamu adalah sahabat Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu.

Refleksiku:

Ya Yesus, dengan ayat ini Engkau ingin mengingatkanku bahwa aku harus mentaati dan menjalankan semua perintahMu, agar aku dapat menjadi sahabat Mu bukan orang lain.

Doa:

Ya Yesus, teguhkan lah imanku dengan bimbingan Roh KudusMu agar aku dapat mentaati dan menjalankan firman dan perintahMu sehingga aku Kau terima menjadi sahabat Mu.

8. Sioe Hong

Hari Senin, 10 Mei 2021, Yoh 15:26-16:4a, Ayat Emas Yoh 15:26-27

“Jikalau Penghibur yang Ku utus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku”

Refleksi:

Tuhan Yesus, sabda-Mu hari ini mengingatkanku kalau aku juga harus bersaksi kepada orang-orang di sekeliling ku atas kebaikan yang telah Aku terima daripada-Mu. Disetiap akhir perayaan Ekaristi yang aku hadiri, aku mendengar perintah-Mu supaya aku pergi, aku diutus, namun perintah yang ku dengar itu seakan2 hanya kata2 ritual saja yang ku dengar, tidak ku laksanakan dengan penuh kesadaran dalam kehidupanku sehari-hari.

Doaku:

Tuhan Yesus, ampuni aku yang belum dapat menjalankan perintah-Mu untuk bersaksi. Aku seringkali merasa takut dan enggan berbicara dengan orang2 yang ku temui. Ingatkan aku ya Tuhan kalau Roh Kudus-Mu selalu menyertai ku di saat aku merasa takut ataupun minder karena aku tidak pandai berbicara sehingga aku dapat dengan berani dan penuh percaya diri dalam menjalankan perintah-Mu untuk bersaksi karena Roh kebenaran yang Kau utus akan membantu ku dalam bersaksi tentang Engkau. Amin.

9. Pardi

Yoh 15:26-16:4a, ayat pilihan: Yoh 16:3-4

3. Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku. 4. Tetapi semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya kamu ingat, bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu.”

REFLEKSI:

Tuhan Yesus mengingatkan bahwa sebagai pengikut Kristus, aku harus memikul salib dan dapat mengalami persekusi dari pihak yang memusuhi Kristus. Engkau sudah memberitahukan para murid Mu, kemana Engkau akan pergi, dan memastikan Engkau tidak akan meninggalkan mereka sendirian, tapi Roh Kudus akan datang membantu mereka. Engkau juga menegaskan bahwa Engkau yang memilih aku, dan Engkau akan terus menemani ku, aku mempunyai Roh Kudus untuk menenangkan diri ku, mengajari ku mengenai kebenaran, dan membantu ku dalam melaksanakan tugas ku sebagai pengikut Mu dan menjadi saksi Mu.

Doa:

Tuhan Yesus, bimbinglah aku melalui Roh Kudus Mu di dalam aku, agar aku selalu dapat mengambil langkah benar sesuai yang Kau kehendaki, amin.

10. Mutiara

Rabu,12 Mei 21, Yoh 16:14 -15

14. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku. 15. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.”

Refleksiku:

Tuhan Yesus, Engkau mengingatkan saya untuk selalu memuliakan nama-Mu baik dalam keadaan susah maupun senang. Kadang kalau lagi  gembira dan mendapat sesuatu saya lupa bersyukur dan memuliakan nama-Mu. Tanpa Engkau hidup saya tidak berguna. Saya mau menjadi pewarta kabar gembira-Mu.                   

Doaku;

Ya Tuhan, ajarilah saya selalu untuk memuliakan nama-Mu yang Besar dan Agung. Turunkanlah Roh Kudus-Mu kepadaku agar firman-Mu menjadi petunjuk jalan hidupku, supaya tidak tersesat, dan dapat hidup dalam kebenaran sesuai yang Engkau ajarkan melalui pemberitaan-Mu  kepadaku.

PST:

  1. Roedi.

Ikhtisar Jurnal:

  • Roedi      : Setiap orang hidup pasti mendambakan dan membutuhkan KASIH. xx
  • Henry      : Selalu berdoa dan memuji Nya dalam situasi krisis.
  • Nanny     : Kita mau mengikuti teladan Nya , yaitu rendah hati.
  • Yanto      : Setiap orang menerima tugas dalam karya perutusan nya masing-masing.  xx
  • Dwi         :  Dia tinggal didalam hati kita dan menuntun jalan hidup kita. xx
  • Mutiara  :
  • Iwan        : Kita menjadi Sahabat Tuhan apabila kita mengikuti perintah Nya.
  • Hong       :  Kita harus bersaksi kepada orang-orang disekeliling kita xx
  • Pardi       : Kita harus memikul salib dan mengalami persekusi dari pihak yang memusuhi Nya. xx
  • Jeni          :  Kita harus menuruti perintah dan ajaran Nya , maka hidup kita akan penuh sukacita. xx

PST :

Tuhan Yesus berpesan kepada kita bahwa setiap orang menerima tugas dan karya perutusan nya masing-masing dan setiap orang hidup pasti mendambakan dan membutuhkan KASIH. Kita juga harus mengikuti TELADAN , PERINTAH dan AJARAN Nya dan Dia akan menjadi sahabat kita , sehingga Dia akan tinggal didalam kita serta Dia menuntun jalan hidup kita.

Untuk menjadi pengikutNya yang setia , kita harus siap dan berani bersaksi kepada orang disekeliling kita tentang kebenaran dan kebangkitan Nya. Kita juga harus siap untuk memikul salib dan mengalami persekusi dari pihak yang memusuhi Nya. Untuk itu kita harus selalu berdoa dan memuji Nya dalam situasi yang paling berat pun. Meskipun sepertinya berat perjuangan dalam menjalankan misi Nya , tapi dengan pendampingan Roh kudus , semuanya akan dapat kita jalani dengan penuh suka cita.

2. Pardi

Ikhtisar Jurnal:

  • Roedi      : kita harus saling mengasihi
  • Henry      : Doa melepaskan kita dari kesusahan.
  • Nanny     : Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yg menganiaya kamu.
  • Yanto      : Tuhan Yesus yang memilih kita
  • Dwi         :  Roh Kudus datang setelah Yesus pergi.
  • Mutiara  :
  • Iwan        : Agar kita menjadi Sahabat Nya. xx
  • Hong       :  Kita harus bersaksi atas kebenaran dari Tuhan.
  • Pardi       :  Sebagai pengikut Kristus, Kita harus memikul salib dan mengalami persekusi
  • Jeni          :  Dengan menuruti perintah dan ajaran Nya, maka kita hidup dalam kasih Nya.

PST:

Tuhan Yesus yang memilih kita sebagai murid Nya, dan Dia mengingatkan bahwa sebagai murid, kita dapat mengalami persekusi dan harus memikul salib kita. Dengan menuruti perintah dan ajaran Nya, maka kita hidup dalam kasih Nya. Dia minta agar kita saling mengasihi, termasuk mengasihi musuh dab berdoa untuk mereka. Dia minta agar kita berdoa apabila menghadapi kesusahan. Kita semua menjadi sahabat Nya, yang akan dibantu oleh Roh Kudus, yang akan datang setelah kepergian Nya, dan memberikan kita semua kebenaran, dan kita harus bersaksi atas semua kebenaran tersebut. 

3. Dwi

Tuhan Yesus berkata agar kita mengasihi dan berdoa bagi  mereka yg menganiaya kita. Kita juga harus saling mengasihi, seperti IA telah mengasihi kita.  Bila kita menurut perintah-NYA, seperti IA menuruti perintah Bapa-NYA, maka kita akan tinggal di dalam kasih-NYA.

Tuhan Yesus juga berkata kalau kita adalah sahabat NYA, bila kita berbuat apa yang diperintahkan NYA. IA telah memberitahukan kepada kita segala sesuatu dari Bapa NYA. IA yg memilih kita dan apa yg kita minta kepada Bapa dalam nama NYA, akan diberikan NYA. IA juga berkata, jikalau IA pergi, IA akan mengutus Roh Kudus kepada kita, yang akan bersaksi tentang NYA. Roh kebenaran yang diutus NYA akan membantu kita dalam bersaksi tentang NYA. Tuhan Yesus akan terus menemani kita, lewat Roh Kudus.

4. Henry

Tuhan Yesus berpesan  agar kita mengasihi orang yang bersalah dan menyakiti kita, kita harus menuruti perintah dan ajaran Nya agar hidup kita penuh suka cita. Sebagai pengikutNya, kita harus memikul salib, dan kita harus bersaksi kepada orang2 disekeliling kita. Dia tidak menyebut kita hamba lagi, tetapi seorang sahabat. Dalam situasi gelap ini, Dia akan membuka jalan keluar, dan mengirim Roh Penghibur untuk kita, karena hanya dalam Kasih kita bisa memperoleh hidup.

5. Yanto W

Tuhan Yesus menghendaki kita menuruti perintah dan ajaran Nya, agar  hidup kita penuh sukacita bersama Nya, sehingga kita mampu  mewartakan kabar sukacita itu kepada sesama dan mampu menjalankan dalam kehidupan sehari hari. Dia juga minta agar kita harus bersaksi kepada orang di sekeliling kita atas kebaikan yg telah kita terima dari pada Nya. Sebagai pengikutNya, kita harus memikul salib dan dapat mengalami persekusi dari pihak yg memusuhi Dia. maka kita selalu berdoa dalam situasi gelap tersebut, Dia akan memberi kepada kita dan semua orang terang melalui Roh Kudus Nya, dan mengajarkan kita untuk mengasihi orang yg bersalah dan yg menyakiti hati kita. Dia menjelaskan, kasih sempurna adalah kasih yg Dia berikan kepada setiap orang secara terus menerus tanpa syarat, dengan ketaatan dan menjalankan semua perintah Nya, sehingga Dia tinggal dalam hati kita serta menuntun jalan hidup kita, bila jalan hidup kita salah. Hanya dalam kasih kita bisa memperoleh hidup nyaman dan damai.

6. Iwan

Yesus menghendaki kita hidup sesuai dengan perintah dan ajaran Nya, saling mengasihi sesama kita, mau memanggul salib kita, siap menjalankan tugas dan kewajiban kita, menjadi saksi Dia, siap diutus melayani di ladang Nya, agar kita dapat dianggap menjadi sahabat Nya dan hidup kita menjadi damai, tenteram dan penuh sukacita serta mendapatkan kehidupan kekal nantinya. 

7. Sioe Hong

Tuhan Yesus berpesan bahwa kita akan disebut nya sebagai sahabat-Nya apabila kita menjalankan apa yang diperintahkan-Nya, terutama menjalankan hukum kasih. Tidak mudah  mengasihi orang yang menyakiti kita, tapi dengan pertolongan-Nya kita akan mampu melakukannya karena Roh Kebenaran telah diberikan kepada kita supaya kita dapat meneladani dan mengarahkan pilihan2 hidup kita kepada kebenaran. Apabila hidup kita selalu melekat kepada-Nya maka kita juga akan tinggal bersama2 dgn DIA dan dimampukan melaksanakan kehendak-Nya, sehingga hidup kita penuh suka cita dan dapat berbuah bagi sesama. Dengan selalu tinggal dan mengandalkan DIA maka kita juga akan dimampukan dan diberikan keberanian memberikan kesaksian dan mewartakan DIA kepada orang2 di sekeliling kita.

8. Mutiara

Tuhan Yesus mengingatkan kita, bahwa setiap orang hidup pasti mendambakan dan membutuhkan kasih yang datangnya dari Nya. Dia akan memberitakan kepada kita apa yang Dia terima untuk kita. Semestinya kita selalu berdoa dan memuji nama-Nya dalam situasi krisis lalu mengikuti teladan-Nya yang rendah hati dan kemudian kita menjadi sahabat-Nya. Sehingga setiap kita  yang menerima tugas perutusan-Nya, hati kita akan dituntun menuju jalan hidup yang benar. Untuk itu kita harus bersaksi kepada orang-orang disekeliling kita dan kita juga harus memikul salib dan mengalami persekusi dari pihak yang memusuhi Nya. Kalau kita menuruti perintah dan ajaran-Nya, maka hidup kita akan sukacita dan bahagia.

9. Nanny

Tuhan Jesus berpesan kepada kita supaya kita selalu mengikuti ajarannya, hidup mengasihi, dengan rendah hati mengasihi sesama termasuk orang yg menyakiti kita. Ia memberikan kita Roh Kudus yang akan membimbing dan memampukan kita, yang akan selalu memberikan jalan kepada kita dalam tantangan untuk menjadi saksi Nya