Markus 18:1-8, Ayat pilihan: 4-6

4.Tetapi ketika mereka melihat dari dekat, tampaklah, batu yang memang sangat besar itu sudah terguling. 5. Lalu mereka masuk ke dalam kubur dan mereka melihat seorang muda yang memakai jubah putih duduk di sebelah kanan. Merekapun sangat terkejut, 6. tetapi orang muda itu berkata kepada mereka: “Jangan takut! Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu. Ia telah bangkit. Ia tidak ada di sini. Lihat! Inilah tempat mereka membaringkan Dia. 

REFLEKSI:

Tuhan Yesus, Engkau menjelaskan, bahwa batu penutup kuburan itu tidak digeser dari luar atau dari dalam agar Engkau dapat keluar, tentunya tidak ada masalah untuk Engkau untuk dapat keluar dengan batu tertutup, batu itu sudah digeser agar orang dapat masuk dan melihat kuburan telah kosong.

Engkau mengingatkan, bahwa cerita mengenai Kebangkitan Mu memang memerlukan Iman agar dapat benar-benar dapat dipercaya. Engkau ingin aku memahami tahapan agar aku dapat percaya benar mengenai kebangkitan Mu, dengan melihat proses bagaimana Maria dan para murid Mu melalui beberapa tahapan sampai mereka dapat benar-benar yakin akan peristiwa penting ini.

Mula2, mereka berpikir ini hanya cerita yang dibuat-buat saja, sulit dapat dipercaya. Kemudian seperti Petrus, mereka memeriksa apa yang sebenarnya terjadi, tapi tetap merasa bingung mengenai apa yang terjadi. Mereka baru percaya bahwa Engkau telah bangkit setelah bertemu Engkau secara pribadi. Setelah mereka berkomitmen dan menyerahkan hidup mereka untuk melayani Mu, mereka baru paham benar bahwa Engkau benar ada bersama mereka.

Doa:

Ya Tuhan Yesus, mohon agar Engkau bimbing aku agar selalu yakin dan percaya bahwa Engkau sudah bangkit dan menyertai, melindungi, memberi kekuatan pada aku dan semuanya sampai akhir zaman.